11 Juli 2024

Desa Kampung Baru Salurkan BLT DD ke 114 KK Miskin

0

SERAHKAN BLT: Kepala Desa Kampung Baru, kecamatan Tinangkung Selatan, Sukardi, saat menyalurkan dana bantuan tersebut secara sombolis kepada sejumlah masyarakat penerima di desa setempat. Penyerahan dana tunai tersebut juga disaksikan oleh sejumlah pegawai kecamatan,unsur forkopimcam dan sejumlah aparat pemerintah desa, BPD Desa Kampung Baru, dan Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Bangkep. (Foto:for Bangkep Pos)
Bangkeppos.com, SALAKAN- Sebanyak 114 masyarakat desa Kampung Baru, kecamatan Tinangkung Selatan (Tinsel), menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), Sabtu (30/5/2020) hari ini.

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada 30 KK masyarakat penerima. Hadir dalam penyerahan itu antara lain: pemerintah desa Kampung Baru, Sekcam Tinsel, Kepala Seksi Trantib Kantor Camat Tinsel, Kapolpos dan Pj Kades serta BPD Desa setempat.

Pj Kades Kampung Baru, kecamatan Tinangkung Selatan, Sukardi, menjelaskan penyaluran dana BLT sebesar Rp600 ribu perbulan. Dan jumlah itu akan diterima setiap bulannya selama tiga bulan dengan total Rp1,8 juta perkepala keluarga (KK).
“Jadi total dana desa untuk BLT tahap pertama ini sebesar Rp68.400 juta,”tutur Kades, Sabtu (30/5/202).

Penyerahan BLT juga dilakukan secara simbolis oleh Tenaga Ahli Profesional Pendamping Desa Kabupaten Bangkep, Rizal Kaniu. (ist)

Kades menjelaskan, data pertama yang diusulkan melalui Musyawarah Desa (Musdes) tercatat hanya 91 orang. Namun, karena substansi sasaran penerima BLT adalah keluarga miskin, maka melalui kajian yang matang serta memperhitungkan semua aspek politis, lingkungan, hukum dan anggaran, jumlah penerima menjadi bertambah.
“Dari 91 orang kemudian berubah menjadi 114 KK. Karena atas pertimbangan tadi,” jelasnya.

Soal lambatnya penyaluran BLT ke masyarakat, Kades menyatakan, hal itu terkendala pada perubahan usulan data musdes sebelumnya.
“Jadi itu juga salah satu alasan sehingga dana BLT peruntukan bulan April 2020 agak lambat tersalur,” tegasnya.

Unsur Forkopimcam Tinangkung Selatan juga ikut membagikan BLT secara simbolis di desa Kampung Baru, kecamatan Tinangkung Selatan. (ist)

Karena itu, Kades berharap, jika ada persoalan yang kurang respek mengenai keputusan di pemerintahan desa Kampung Baru, Kades menyarankan, penyelesaiannya didasarkan pada aturan dan mekanisme.
“Setidaknya, tolong disampaikan dulu ke BPD agar menjadi pembahasan internal bagi pemerintahan desa,” pintanya.
“Terakhir saya juga berharap semoga BLT DD bisa bermanfaat, setidaknya mampu mengurangi beban kebutuhan sosial dasar masyarakat ditengah dampak wabah virus Corona ini,” tukasnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!