15 April 2024

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BISM Diresmikan Bupati

0

RESMIKAN BISM: Bupati Banggai kepulauan, H. Rais D. Adam, melakukan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya Bank Induk Sampah Molios inisiasi TP-PKK Kabupaten Bangkep tersebut. Peresmian Bank Sampah itu, Jumat (5/6/2020) tadi.(Foto: For Bangkep Pos)
Bangkeppos.com, SALAKAN- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bangkep menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia, Jumat (5/6/2020), di halaman Kantor PPK Bangkep.

Kegiatan bertajuk Biodiversity atau keanekaragaman hayati itu, sekaligus dirangkaikan dengan peresmian Bank Induk Sampah Molios (BISM). Yang diresmikan langsung oleh Bupati Bangkep, Rais D. Adam.

Biodiversity mengandung makna dan seruan untuk memerangi percepatan dan hilangnya degradasi spesies dunia alam.
“Satu juta spesies tumbuhan dan hewan terancam punah disebabkan sebagian besar oleh aktivitas manusia,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkep, Ferdi Salamat.

Untuk mengintegrasikan dan memaksimalkan pengolahan sampah di Bangkep, Bupati Bangkep Rais D. Adam, menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 28 tahun 2019 tentang kebijakan dan strategi daerah pengelolaan sampah rumah tangga dan sejenisnya.
“Salah satu rencana aksi atas implementasi Perbup tersebut adalah pembentukan Bank Sampah Induk dan Bank Sampah Unit. Yang diinisiasi langsung oleh TP-PKK Kabupaten Bangkep,”terangnya.

Ketua TP-PKK Kabupaten Bangkep, Ny.Sartini Rais D.Adam, saat menyampaikan sambutan pada peresmian Bank Sampah tersebut.

Organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita itu berhasil mendirikan Bank Sampah Molios di Bangkep sebagai wadah pengumpulan sampah organik dan sampah anorganik lainnya. Selain itu, juga sebagai upaya menjaga kelestarian dan keselamatan lingkungan.
“Tujuannya agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan di alam bebas. Namun, lebih memberikan pendidikan untuk memilah sampah dan mengumpulkannya menjadi sesuatu yang bernilai,”singkat Ketua TP-PKK Kabupaten Bangkep, Ny. Sartini Rais D. Adam, Jumat (5/6/2020) tadi.
Ketua TP-PKK dan sejumlah anggota TP-PKK saat foto bersama dengan Sekda Bangkep dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkep.

Kegiatan tadi selain dihadiri Bupati Bangkep Rais D. Adam, hadir pula Sekda Bangkep, unsur Forkopimda Bangkep, Kepala Kemenag Bangkep, Kepala Cabang Unit Bank Sulteng Cabang Salakan, serta Ketua Tim Penggerak PKK beserta seluruh unsur terkait lainnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!