16 April 2024

Beli Rica, Tikala dan Ubi Banggai, Jokowi Bikin Kaget Pedagang Pasar Salakan

0

Presiden Jokowi saat berbelanja Rica dan Ubi Banggai di Pasar Tradisional Salakan, Selasa (26/3/2024) usai meresmikan IJD di jalur dua, desa Tompudau, kabupaten Bangkep (Foto: Irfan Majirung/Bangkeppos).
Bangkeppos. com, SALAKAN- Para pedagang dan masyarakat yang berada di Pasar Tradisional Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah, sempat kaget melihat mobil berpelat nomor Indonesia-1 milik Presiden Jokowi berhenti di depan pusat perbelanjaan tradisional itu, Selasa (26/3/2024).

Mereka histeris begitu melihat Jokowi keluar dari mobil antipeluru tersebut dan menyalami mereka. Bahkan, Jokowi masih menyempatkan waktu melayani warga berswafoto di Pasar.

Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta beberapa petinggi lainnya.

Presiden Jokowi mendarat di RTH Salakan menggunakan helikopter dari Kota Luwuk, Kabupaten Banggai sekitar pukul 11.25 Wita.

Setelah proses penyambutan di RTH Salakan, rombongan presiden langsung menuju lokasi peresmian IJD yang dipusatkan di Jalur Dua Desa Tompudau.

Usai meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD) yang dipusatkan di Jalur Dua Desa Tompudau, Bangkep, Presiden ketujuh RI itu mampir di Pasar Tradisional Salakan.

Ada dua agenda dalam kunker Jokowi di Salakan, yakni peresmian Inpres Jalan Daerah (IJD) dalam kawasan Ibu Kota Salakan, dan berkunjung ke Pasar Tradisional Salakan.

Para pedagang tampak rela berdesak-desakan sejak pagi hari demi bertemu langsung dengan Jokowi dan menjabat tangannya. Memang, saat itu situasi pasar Salakan dikerumuni hampir ribuan orang.

Selain bersilaturahmi dengan pedagang dan pengunjung pasar, Jokowi juga membeli beberapa jenis hasil pertanian khas Pulau Peling, yakni rica, ubi banggai, tikala (sejenis bumbu masakan dengan rasa asam), dan buah durian lokal.

Jokowi saat memberi keterangan kepada para awak media di Pasar Tradisional Salakan. (Foto: Irfan Majirung/Bangkeppos)

Kesempatan itu juga dimanfaatkan Jokowi untuk mengecek harga kebutuhan pokok. Jokowi kemudian meninggalkan Pasar Tradisional Salakan kurang dari satu jam menuju helipad di RTH Salakan, lalu bertolak kembali ke Kota Luwuk, Banggai. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!