10 Juli 2024

Pj. Bupati Bangkep Lakukan Kunjungan di Komba-komba Terkait Budidaya Rumput Laut

0

Foto bersama pj bupati Bangkep Ihsan Basir bersama Kadis Perikanan Bangkep Ferdi Salamat saat berkunjung ke desa Komba-komba. (ist)
Bangkeppos. com, SALAKAN- Sumber daya perairan laut Kabupaten Banggai Kepulauan dikenal sebagai memiliki prospek sangat besar dalam konteks pembangunan daerah.

Salah satu di antara sumber daya tersebut yakni budidaya rumput laut yang ada di sejumlah wilayah, tanpa terkecuali di Kecamatan Bulagi, Desa Komba-komba.

Pj Bupati, Ihsan Basir mengakui baiknya prospek budidaya rumput laut di desa tersebut usai melakukan kunjungan kerja, Sabtu (1/6).
“Kemarin saya khusus melihat prospek Pariwisata dan rumput laut. Dan 2 ini saya pikir baik prospek kedepannya,” kata Ihsan Basir, Minggu (2/6).

Sementara itu, menurut Ferdy, prospek budidaya rumput laut di Komba-komba sangat besar, namun di sisi lain perlu dilakukan peningkatan kemampuan budidaya yang baik bagi pembudidaya.
“Prospek rumput laut sangat besar karena potensi laut yang sangat mendukung hanya perlu peningkatan kemampuan petani rumput laut dengan pelatihan dan pengetahuan,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, pelaku budidaya rumput laut di Komba-komba dinilainya perlu meningkatkan etos kerja agar produksi meningkat.

Sarana yang menurut dia tidak kalah penting yaitu pembangunan kebun bibit desa guna menciptakan kontinuitas produksi.
“Saya juga menyarankan agar dilakukan pengaturan penanaman rumput laut agar tidak mengganggu jalur kapal dan menjadikan kawasan budidaya rumput laut sebagai desa budidaya dan wisata bahari khusus rumput laut,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!