16 April 2024

DPD KNPI Minta Pemda Porsikan Anggaran Khusus Rapid Tes Gratis Untuk Mahasiswa Bangkep Diluar Daerah

0

Hari Saputra Nursin
Bangkeppos.com, SALAKAN- Dampak atas penerapan kebijakan tatanan normal baru (new normal) Covid-19 di Sulteng, membuat sendi-sendi pergerakan kehidupan menjadi terbatas dan terasa kian menyulitkan. Utamanya, dirasakan langsung dampaknya oleh kalangan pelajar dan mahasiswa Banggai Kepulauan (Bangkep) yang tengah menjalani studi diluar daerah.

Munculnya penerapan aturan memperketat setiap akses masuk pelabuhan sarana transportasi laut dan darat, serta diwajibkannya persyaratan memiliki surat keterangan bebas Covid-19, menjadi perhatian tersendiri bagi Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bangkep, Hari Saputra Nursin.

Olehnya itu, DPD KNPI Bangkep meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bangkep, agar sebagian APBD 2020 yang digelontorkan untuk penanganan Covid-19 diporsikan khusus untuk rapid test gratis, bagi pelajar dan mahasiswa Bangkep yang sedang menjalani studi diluar daerah.
“Itu tujuannya untuk meringankan biaya perjalanan mereka sampai ke tujuan.
Kalau tidak, otomatis mereka tidak akan bisa melanjutkan perjalanan sampai ke tujuannya. Karena itu syarat utama yang harus ditunjukkan ke petugas pemeriksa setiap memasuki daerah lain,” terang Hari,” Jumat (4/6/2020).

Menurutnya, dengan diwajibkannya persyaratan surat keterangan bebas Covid-19 tersebut, hal itu tentu akan menambah beban biaya pelajar dan mahasiswa asal Bangkep yang ingin kembali ke daerah studinya masing-masing.
“Karena alat yang digunakan untuk test cepat Covid-19 itu dibeli dengan harga cukup fantastis oleh pemerintah. Dan pastinya, setiap pelajar/mahasiswa yang mau melakukan perjalanan ke luar daerah, harus menjalani rapid test terlebih dahulu dan menebus harga setiap pemakaian agar surat persyaratan bisa keluar,”tukasnya. (rip/ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!