29 Januari 2024

Rapid Tes Gratis dan Dana Rp34 Miliar Covid-19 Bangkep Disorot

0

Anggota DPD GMPK Bangkep, Land Rustam. (Foto: Dok.Bangkep Pos)
Bangkeppos.com,SALAKAN- Meski Pemda Bangkep kabarnya akan mengeluarkan Surat Edaran terkait pelaksanaan rapid tes Covid-19 gratis bagi kalangan pelajar/mahasiswa, ASN, TNI-Polri. Namun, kebijakan itu dinilai subjektif karena tidak diberlakukan untuk masyarakat umum di Kabupaten Bangkep.

Anggota DPD GMPK Bangkep, Risto Rustam menyoal pelaksanaan tes cepat Covid-19 gratis tersebut. Land-sapaan akrabnya, menyebut kebijakan Pemda Bangkep tidak adil dalam menerjemahkan aspek pencegahan dan penanganan Covid-19. Apalagi seperti profesi jurnalis, LSM, Advokat yang keseharian menjalankan tugas mencari berita di lapangan dan ketemu banyak orang.
“Bagaimana kita mau memerangi Covid-19, kalau masyarakat umum justru diabaikan dari pelaksanaan rapid tes,”sorotnya, Jumat (5/6/2020).

Land juga memertanyakan penggunaan realokasi anggaran refocussing Covid-19 Bangkep sebesar Rp34 miliar itu. Peruntukannya pun, kata dia, harus jelas.
“Harusnya dilakukan rapid tes massal juga untuk masyarakat. Jangan cuma dari kalangan sipil dan militer,”cibirnya.

Mengapa masyarakat umum penting di rapid tes, Land mengatakan, masyarakat umum cenderung menghabiskan waktu menjalankan rutinitas pekerjaannya diluar. Sehingga dinilainya lebih rawan terpapar wabah pandemik virus Corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangkep, Arabia Thamrin belum mengonfirmasi pertanyaan dari Bangkep Pos, Jumat (5/6/2020) siang tadi.

Kendati demikian, spekulasi publik mulai bermunculan pasca mendengar kabar digratiskannya rapid tes khusus bagi kalangan tertentu. Sedangkan, masyarakat umum diarahkan melakukan pemeriksaan mandiri di salah satu klinik di kota Salakan yang telah ditunjuk. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!