27 Januari 2024

Desa Kanali Bangun Talud Lapangan Sepak Bola dari Dana Desa

0

TALUD: Bangunan talud lapangan sepakbola yang kini sedang dikerjakan di desa Kanali, kecamatan Totikum Selatan, menggunakan sistim padat karya tunai. (Foto:Andri/Bangkep Pos)
Bangkeppos.com, SALAKAN- Pemerintah Desa (Pemdes) Kanali, Kecamatan Totikum Selatan, melakukan program pembangunan sarana umum bagi warga desanya. Pembangunan yang sedang dikerjakan adalah pembuatan talud lapangan sepakbola di desa setempat.

Kepala Desa Kanali, Nurmiyaty mengatakan, pembangunan talud adalah realisasi dari salah satu usulan masyarakat dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrengbangdes).

Proyek ini menyedot dana desa sebesar Rp115.148 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2020.
“Pembangunan talud ini menjadi prioritas, mengingat fungsinya bisa menahan kiriman tanah longsor dari atas pada saat musim hujan. Sehingga tanah tidak merembes ke lapangan,”kata Kades, Jumat (19/6/2020).

Selain itu, fungsi lainnya juga, lanjut Kades, yakni agar penonton bisa lebih nyaman duduk ketika ada ivent atau kegiatan olahraga digelar di desa tersebut.
“Sebab lapangan ini juga sering digunakan oleh masyarakat setempat sebagai sarana melatih dan menumbuhkan bakat anak-anak pemuda yang ada di desa Kanali,”ujarnya.

Dijelaskannya, pembangunan talud dengan panjang 127.4 meter itu dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kerja (TPK), secara bertahap menyesuaikan dengan keuangan desa.
“Pembangunannya dilaksanakan dengan cara melibatkan masyarakat atau sering disebut padat karya tunai,”ujarnya.

Ditambahkannya, sasaran dari pembangunan talud itu adalah kesejahteraan masyarakat dengan keterlibatan masyarakat sekitar.
“Minimal memberi pekerjaan sementara bagi mereka ditengah wabah virus corona (Covid-19) ini. Dan yang lebih penting, mereka ikut mengawasi kwalitas pekerjaannya secara langsung,”tutupnya. (ir/and)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!