16 April 2024

Dinas Ketapang dan TP-PKK Bangkep Launching Kios Pangan

0


Bangkepos.com, SALAKAN- Menjelang Hari Besar Keagamaan (HBKN), Dinas Ketahanan Pangan bersama Tim Pengggerak- Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) melaunching kios pangan.

Ketua TP-PKK Kabupaten Bangkep, Hj, Sartini D. Adam, menyatakan, pembukaan kios sembako murah tersebut sebagai bentuk kontribusi TP-PKK demi menstabilkan harga bahan sembako, khususnya menjelang hari raya Idul Adha tahun 2020 ini.
“Kios pangan murah berkualitas ini digelar dengan tujuan agar warga mudah mendapatkan pangan yang murah dan tetap berkualitas. Sehingga warga bisa memenuhi kebutuhan pangannya dengan mudah dan murah,”kata Hj. Sartini, sekaligus meresmikan langsung pembukaan kios sembako murah tersebut, Kamis (30/7/2020).

Menurut isteri orang nomor satu di Bangkep ini, kehadiran kios pangan yang baru saja diresmikan ini sangat menguntungkan bagi masyarakat yang bisa berbelanja dengan harga murah. Karena itu, keberadaannya sangat dibutuhkan karena banyak memiliki manfaat.
“Ini penting untuk ditindaklanjuti karena memiliki banyak manfaat, seperti ketika terjadi bencana atau rawan pangan bisa di pakai untuk mengantisipasi rawan pangan dan menstabilkan harga,”ujarnya.


Disamping upaya dari pemerintah Kabupaten Bangkep, diharapkan juga pihak perbankan yang ada di daerah ini dapat membantu dalam membiayai pengelolaan pangan lokal, di kota Salakan ini. Sebab permodalan terhadap pengelolaan pangan lokal juga sangat dibutuhkan masyarakat.
“Untuk bisa maksimal dalam pengelolaan pangan lokal ini memang dibutuhkan kerja sama semua pihak. Baik pemerintah, perbankan serta pihak terkait,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bangkep, Sumiati Manompo SP.,MM, menjelaskan, kios pangan merupakan salah satu upaya Dinas Ketahanan Pangan dalam menstabilisasikan pasokan dan harga bahan kebutuhan pokok.
“Tujuan dibukanya kios pangan ini merupakan salah satu inovasi pemulihan ekonomi dibidang pangan. Dengan hadirnya kios pangan dapat dipastikan bahwa harga yang diterima konsumen dibawah harga pasar,”terangnya.

Kios pangan ini juga, kata dia, berfungsi untuk mengangkat harga dipetani ketika sedang jatuh dengan membeli harga dipasaran. Penyediaan pangan dengan harga yang terjangkau, sekaligus dapat menampung atau membantu memasarkan hasil-hasil produksi petani. Sehingga petani dapat meningkatkan usaha taninya; baik bidang usaha pangan, ternak maupun sayuran dan buah-buahan.
“Dengan begitu, fungsi gudang tidak hanya menyimpan pangan tapi juga dapat melayani kebutuhan masyarakat,”tutupnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!