28 Januari 2024

Kapolres Bangkep Pimpin Latihan Simulasi Kerusuhan Pemilukada 2020

0

Bangkeppos.com, SALAKAN – Kapolres Bangkep AKBP Reja A. Simanjuntak, SH, SIK, MH, memimpin langsung latihan pengamanan dan penanganan Huru-Hara saat terjadi kerusuhan dalam menghadapi Pemilukada serentak tahun 2020, Jumat (28/08/2020) di Halaman Mapolres Bangkep.

Latihan bersama perwira jajaran tersebut dilakukan untuk menyamakan persepsi cara bertindak dalam menghadapi potensi konflik di lapangan, sekaligus sebagai bentuk mempersiapkan mental para personil anggota Polri di lapangan.

Orang nomor satu di Polres Bangkep itu, mengimbau seluruh anggotanya agar terus memahami Protap dalam penindakan maupun Anti Anarkis, termasuk dalam menggunakan perlengkapan dengan benar.
“Jangan pernah menganggap situasi unjuk rasa yang awalnya hanya menyampaikan aspirasi sebagai hal yang sepeleh, namun tidak menutup kemungkinan hal itu dapat menjadi situasi yang memanas dan memakan korban jiwa”, ujar Kapolres.

Dalam latihan tadi, diperagakan simulasi kerusuhan dengan melibatkan 1 Regu Polwan, 1 Peleton Dalmas Awal, 1 Peleton Personil Dalmas Lanjut Polres, 1 Tim Personil anti anarkis dan Mobil AWC.

Simulasi penanganan pengamanan kerusuhan itu, untuk membiasakan personil menghadapi situasi yang cukup berat. Sehingga personil dapat memahami dan mempelajari situasi nantinya di lapangan bila benar-benar terjadi kerusuhan.

Dalam latihan tersebut, tim anti anarkis selaku pemukul pemecah masa melaksanakan simulasi dengan menggunakan gas air mata sesuai dengan protap penindakan yang berlaku di lapangan.

Kegiatan latihan tersebut selain berguna dalam meningkatkan kemampuan latihan, juga dapat menjaga fisik dan mental personil, sehingga personil merasa siap dalam melaksanakan tugas dilapangan dengan percaya diri dan kekompakan kesatuan yang kuat. (ir/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!