28 Januari 2024

Gubernur Longki Resmikan 4 Unit Puskesmas dan 5 Unit Pasar Rakyat di Bangkep

0

Foto: Gubernur Sulteng Longki Djanggola.
Bangkeppos.com, SALAKAN- Gubernur Sulteng Longki Djanggola meresmikan 4 Unit Puskesmas Rawat Inap dan 5 unit Pasar Rakyat di wilayah Kabupaten Bangkep yang dipusatkan di Desa Kanali, Kecamatan Totikum Selatan, Selasa (15/9/2020) kemarin.

Lima Puskesmas rawat inap itu yakni; Puskesmas Rawat Inap Lolantang di kecamatan Bulagi Selatan dengan pagu anggaran sebesar Rp7,4 miliar, Puskesmas Rawat Inap Bonepuso di Kecamatan Bulagi Selatan senilai Rp2 miliar, kemudian Puskesmas Rawat Inap Kanali di Kecamatan Totikum Selatan senilai Rp7,6 miliar, dan yang terakhir Puskesmas Rawat Inap Lumbi-Lumbia di Kecamatan Buko Selatan sebesar Rp 2,1 miliar. Semua pembiayaan Puskesmas tersebut berasal dari Kementerian Kesehatan RI dengan total anggaran kurang lebih Rp20 miliar.

Selanjutnya, lima pasar rakyat itu yakni; Pasar Rakyat Bulagi di Kecamatan Bulagi dengan pagu anggaran sebesar Rp6 miliar. Pasar Rakyat Lumbi-Lumbia di Kecamatan Buko Selatan senilai Rp6 miliar, Pasar Rakyat Bonepuso di Kecamatan Bulagi Selatan sebesar Rp1.8 miliar, dan Pasar Rakyat Mansamat B di Kecamatan Tinangkung Selatan senilai Rp1,1 miliar serta pasar Rakyat Luksagu di Kecamatan Tinangkung Utara sebesar Rp900 juta.

Lima bantuan pembangunan Pasar Rakyat ini juga diantaranya bersumber dari dana Tugas Pembantuan (TP) dari Kementerian Perdagangan 2 unit, Kementerian Koperasi dan UMKL 1 unit serta dari Dana DAK Kementerian Perdagangan 2 unit.

Gubernur mengapresiasi pembangunan Puskesmas dan Pasar Rakyat tersebut.
“Saya selaku pribadi atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah sangat bergembira dan ikut mengapresiasi atas selesainya pembangunan 4 unit Puskesmas dan 5 unit Pasar Rakyat,”ujar Gubernur, dalam sambutannya, kemarin.

Diharapkannya, semoga Puskesmas yang baru saja diresmikan ini dapat memfasilitasi seluruh insan kesehatan untuk dapat melahirkan inovasi-inovasi, guna menyelesaikan berbagai masalah-masalah kesehatan masyarakat di bumi Trikora Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan. (and/ak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!