16 April 2024

Bangkep Lakukan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama Tahun 2021

0

DIBUKA SECARA RESMI: Bupati Banggai Kepulauan H.Rais D.Adam saat membuka secara resmi kegiatan pencanangan vaksinasi covid-19 tahap pertama tahun 2021, Senin (8/2/2021) pukul 08.30 wita, di Kantor Bupati Bangkep. (Foto: Sukarman Galus/BANGKEP POS)
Bangkeppos.com, SALAKAN- Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) melalui Dinas Kesehatan mulai mencanangkan vaksinasi Covid-19 tahap pertama tahun 2021. Kegiatan pencanangan vaksinasi Covid-19 ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bangkep H. Rais D. Adam, Senin (8/2/2021) sekira pukul 08.30 wita, di Kantor Bupati Bangkep.

Bupati dalam sambutannya mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bangkep agar penegakan disiplin protokol kesehatan dengan penerapan 3 M terus dipertahankan.
“3 M itu ialah memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,”ujar Bupati.

Bupati mengaku sangat bersyukur karena daetah kabupaten Banggai kepulauan dinyatakan bebas dari Zona merah Coivd-19. Hal itu, kata dia, mengacu pada surat edaran Gubernur Sulteng, dimana daerah Kabupaten Bangkep merupakan salah satu kabupaten di Sulteng yang dinyatakan tidak masuk dalam daftar kawasan zona merah.
“Di Sulteng ini hanya ada dua. Pertama Kabupaten Bangkep dan kedua Kabupaten Banggai Laut,”terangnya.

Ditegaskan Bupati, pentingnya vaksinasi covid-19 adalah menciptakan kekebalan serta menurunkan tingkat kesakitan dan kematian.
“Soal kematian itu sudah rahasia ilahi. Tidak ada yang bisa mengetahuinya itu. Tetapi dari sisi pengobatan secara vaksin, oleh ahli telah ditemukan obatnya untuk menurunkan tingkat kematian,”tegasnya.

Bupati mengingatkan, pemberian vaksinasi harus dilakukan secara tepat pada kelompok yang prioritas.
“Dan pelaksanaannya juga harus disertai dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran pemerintah.”tandasnya.

Sementara itu, Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkep, dr. James HD. Pinontoan mengatakan, pemberian vaksinasi bertujuan untuk mengurangi transmisi penularan covid-19 dan menurunkan tingkat kematian serta mencapai angka kekebalan terhadap kelompok masyarakat.
“Kekebalan kelompok hanya akan terbentuk apabila cakupan vaksinasi dilakukan secara merata diseluruh wilayah di Bangkep,”jelas dr James, saat menyampaikan laporan kegiatan pencanangan vaksinasi covid-19 tahun 2021 dihadapan Bupati dan Wakil Bupati Bangkep beserta sejumlah kepala OPD lainnya.

Dikatakannya, pemberian vaksin akan diawali dengan kegiatan pencanangan, dan diberikan kepada tokoh pimpinan daerah, unsur penjabat, asosiasi profesi, tenaga kesehatan beserta sejumlah kalangan masyarakat Bangkep lainnya.
“Tujuannya untuk membangun kepercayaan masyarakat akan keamanan dan kehalalan vaksinasi ini,” kata dr James.

Mantan Direktur RSUD Trikora Salakan ini berharap, masyarakat tidak perlu takut dengan isu hoaks yang berkaitan dengan vaksinasi covid-19.
“Vaksinasi ini secara otentik telah dikeluarkan ijinnya oleh Ikatan Imunisasi Nasional dan BPOM, serta fatwa ulama dari Sinovac dan PT Bio Farma yang menyatakan bahwa hukumnya suci dan halal,” urainya.

Hadir pada kegiatan itu antara lain; Kapolres Bangkep, Ketua DPRD dan anggota, Sekda Bangkep, Kepala Kemenag, Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, para Camat, Kapolsek, Dokter dan Tenaga Kesehatan di 13 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit, Jurnalis beserta tokoh Agama, masyarakat serta para tamu undangan lainnya. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!