16 April 2024

Pemdes Bongganan Dirikan Posko PPKM Berbasis Mikro untuk Pengendalian Covid-19

0

KUNJUNGI POSKO: Kades Bongganan bersama aparatnya mengunjungi posko penanganan penyebaran Covid-19, Minggu (4/4/2021) malam. (Foto:ist).
Bangkeppos.com,SALAKAN- Sebagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dalam mengendalikan penyebaran Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Bongganan mendirikan posko sosialisasi penanganan penyebaran Covid-19, Minggu (4/4/2021).

Kepala Desa Bongganan, Kecamatan Tinangkung, Masno S.Nyaman menyatakan, tujuan didirikannya posko tersebut yakni dalam rangka pengendalian, pencegahan dan penanggulangan penyebarluasan Corona Virus Disease (Covid-19) di Desa Bongganan.
“Pelaksanaan PPKM Berbasis Mikro ini sama seperti PSBB. Hanya pelaksanaan penanganannya dilingkup yang lebih kecil, yakni desa,”ujarnya.

Pembentukan Posko Covid-19 ini juga, lanjut Masno, merupakan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) yang diterapkan sejak 9-22 Februari 2021 lalu.
“Ini kami lakukan, dengan harapan Desa Bongganan bisa menjadi contoh pelaksanaan PPKM Berbasis Mikro bagi desa yang lainnya,”terangnya.

Menurut dia, untuk mensukseskan pelaksanaan PPKM Mikro tersebut, diperlukan sosialisasi dan edukasi.
“Masyarakat harus tau apa yang harus dikerjakan, masyarakat harus mau, dan mengerjakan apa yang kita harapkan,” jelasnya.

Dalam Tim Posko Desa ini, Kepala Desa menjadi Ketua Tim sedang wakil ketua dari unsur Ketua BPD. Dan personil timnya terdiri dari Kepala Dusun, Ketua RT/RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, LPMD, Bidan Desa, Kader Kesehatan, Kader Posyandu, TP-PKK, Karang Taruna, KPMD serta dari unsur relawan yang ada di Desa.

Selain dari unsur tim tersebut, juga melibatkan mitra Desa Bongganan yang meliputi Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa serta Pendamping Lokal Desa. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!