15 April 2024

1.500 Kartu BPJS JKN untuk Kecamatan Tinangkung Diserahkan Wabup

0

Wakil Bupati Bangkep Salim J.Tanasa, saat menyerahkan kartu BPJS Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kecamatan Tinangkung,Senin (26/4/2021).((ist).
Bangkeppos.com,SALAKAN- Wakil Bupati (Wabup) Banggai Kepulauan (Bangkep) Salim J Tanasa secara simbolis menyerahkan kartu BPJS Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada 1.500 warga secara simbolis di Kecamatan Tinangkung, pada Senin (26/4/2021).

Penyerahan kartu BPJS JKN yang bersumber dari dana APBN itu dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Paisal Paisal Pahil Muhammad, S.Sos dan Camat Tinangkung Din Lamasada.

Wakil Bupati pada kesempatan itu mengatakan, BPJS JKN merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib (mandatory) berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang SJSN dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat.

Olehnya itu, Salim J. Tanasa meminta agar warga penerima manfaat BPJS JKN dapat benar-benar memanfaatkan SJSN ini sebaik mungkin. Terlebih, BPJS JKN yang diserahkannya itu merupakan BPJS JKN KIS yang dibiayai langsung dari APBN.

Terpisah Kepala Dinas Sosial Paisal Pahil Muhammad S.Sos, menyebutkan, bahwa secara bertahap seluruh kartu BPJS JKN KIS itu akan diserahkan kepada masyarakat yang ada di 12 kecamatan di Bangkep.
Menurutnya, mekanismenya BPJS melakukan MoU untuk menyerahkan BPJS JKN KIS ini ke pemda dalam hal ini wakil bupati untuk disalurkan secara langsung oleh Dinsos di 12 kecamatan.

Untuk itu, Paisal menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah mengalokasikan pembiayaan terhadap JKN KIS ini kepada sekira 1.500 masyarakat Bangkep.
“Untuk diketahui Pembiayaan JKN KIS ada tiga, yakni ABPN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten. Para penerima kartu BPJS JKN KIS ini nantinya akan mendapatkan pelayanan kesehatan, pelayanan obat-obatan dan pembiayaan rawat inap,”terangnya.

Saat ini, lanjut Paisal, Dinsos tengah melakukan verifikasi data agar nantinya penerima BPJS JKN KIS benar-benar tepat sasaran dan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat di Banggai Kepulauan.
“Kita masih singkronisasi data di lapangan, untuk kemudian dimutarhirkan agar memastikan para penerimaa manfaat tepat sasara. Termasuk memastikan jangan sampai ada data penerima, padahal orangnya sudah tidak lagi berada di Bangkep atau bahkan sudah meninggal dunia,”ujarnya.

Diakhir penyampaiannya, Kadinsos Bangkep mengatakan, agar warga memanfaatkan BPJS JKN KIS ini sebaik mungkin. Jangan sampai hilang kartunya agar setiap saat bisa digunakan dan bermanfaat bagi masyarakat miskin saat hendak mendapatkan pelayanan kesehatan.(tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!