16 April 2024

Kanali, Desa Pertama di Kecamatan Tosel Salurkan BLT DD 2021 Kepada 11 KPM

0

Bangkeppos.com, KANALI- Setelah desa Sampaka, kecamatan Totikum, sebagai pemecah rekor pertama penyalur Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2021, kali ini giliran desa Kanali, sebagai desa pertama yang menyalurkan bantuan serupa, khususnya di wilayah Kecamatan Totikum Selatan (Tosel), pada Selasa kemarin (11/5/2021) sekira pukul 14.00 wita.

Jumlah penerima KPM bantuan pada tahun ini berbeda dengan tahun 2020 sebelumnya. Selain jumlah KPM-nya dikurangi, skema pembiayaannya juga demikian.
“Jumlah penerima untuk tahun ini sudah berkurang,”kata Kades Kanali, Nurmiyati Koodutano, Kamis (13/5/2021) dini malam.

Menurut Kades, pembiayaan BLT DD ditahun sebelumnya dilakukan berdasarkan triwulan sekali. Akan tetapi, untuk 2021 ini, bantuan dana itu diberikan sebulan sekali dengan besaran Rp300 ribu.
“Jumlah yang diterima untuk Januari 2021 ini sebesar Rp300 ribu per KPM perbulan, dan rutin selama 12 bulan atau satu tahun,”ujarnya.

Pengurangan jumlah KPM untuk tahun ini, lanjut Kades, merupakan hasil verifikasi oleh pihak pemerintah desa. Sehingga diketahui mana penerima bantuan yang dianggap sangat layak untuk diberikan atau diprioritaskan sesuai kriteria dan syarat dalam penerimaan BLT.
“Karena setelah diverifikasi kembali, yang sangat layak hanya ada 11 KPM. Kemudian disesuaikan dengan anggaran yang ada,”terangnya.

Kades berharap, mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, para penerima dapat menggunakannya dengan sebaik-baiknya. Serta bisa mengurangi beban ekonomi keluarga, apalagi dalam suasana menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah tahun 2021.

Penyerahan bantuan kemarin turut dihadiri oleh pihak kecamatan Totikum Selatan, pendamping desa, Babinsa, Polsek Totikum, BPD, serta sejumlah aparat pemerintah desa Kanali. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!