10 Juli 2024

Disdukcapil Bangkep Jemput Bola Layani Administrasi Kependudukan di 12 Kecamatan

0

Foto: Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bangkep, Harli Dg. Massenge.

Bangkeppos.com, SALAKAN- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) terus berbenah dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Pelayanan itu diberikan melalui inovasi jemput bola (pelayanan keliling) administrasi kependudukan di 12 Kecamatan se-Kabupaten Bangkep.

Dinas yang dikepalai oleh Harli Dg. Masengge itu melaksanakan pelayanan keliling perdana di SDN desa Bongganan, kecamatan Tinangkung, Senin (6/9/2021) tadi pagi.

Sebelum turun ke lapangan, pihaknya terlebih dahulu memberikan informasi kepada masyarakat melalui Camat dan Kepala Desa.

Pelayanan administrasi penduduk dan catatan sipil keliling ini meliputi; perekaman KTP-El, Penerbitan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Menurut Kadis, program pelayanan keliling ini bertujuan untuk menjangkau dan menyadarkan ketaatan masyarakat tentang pentingnya data kependudukan.
“Selain mempermudah masyarakat untuk tidak perlu datang langsung ke Dukcapil, program layanan keliling ini juga bisa lebih menghemat biaya dan waktu,”jelasnya kepada Bangkeppos.com saat dihubungi.

Penyerahan KIA secara simbolis di desa Bongganan, Kecamatan Tinangkung, yang diwakili oleh Sekdis Dukcapil Bangkep.

Menurut Kadis, layanan Dukcapil keliling ini dihadirkan dengan tujuan mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.
“Jadi ini merupakan jawaban atas keluhan masyarakat desa yang selama ini kesulitan saat mengurus dokumen kependudukan karena jarak tempuh yang jauh,”paparnya.

Sementara itu, Indra, salah seorang pegawai di Disdukcapil mengatakan, antusias masyarakat desa Bongganan dalam mengurus dokumen kependudukan cukup tinggi.

Bahkan, kata Indra, pengurusan didominasi oleh warga yang belum pernah memiliki dan merekam KTP dan Akta Kelahiran.
“Intinya layanan Admin Capil Keliling ini sangat bermanfaat sekali bagi warga masyarakat Bangkep,”ujarnya.

Dalam kegiatan di SDN 2 Salakan tadi, Dinas Dukcapil juga menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) secara simbolis, serta melakukan penandatanganan berita acara kegiatan. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!