29 Januari 2024

Sadat Anwar Mengaku Prihatin dengan Sikap Rusdin Sinaling

0

Foto: Sadat Anwar Bihalia. (Dok.Bangkeppos.com)
Bangkeppos.com, SALAKAN- Mantan anggota legislatif Kabupaten Bangkep asal Fraksi Partai Nasdem, Sadat Anwar Bihalia, mengaku prihatin atas polemik yang terjadi antara Ketua DPRD Bangkep Rusdin Sinaling dan Wakil Bupati Salim J. Tanasa.

Bentuk keprihatinan itu ditunjukan Sadat, setelah partai besutan Surya Paloh itu sampai saat ini belum juga mengambil sikap tegas. Entahlah: apakah Rusdin bakal diberi sanksi tegas atau tidak. Sebab mantan anggota DPRD Bangkep dua periode ini berdalih, bahwa Rusdin Sinaling secara tidak langsung telah mencederai nama baik partai.
“Mestinya NasDem tidak boleh membiarkan seorang kadernya yang telah nyata-nyata mencoreng nama baik partai,” ujar Sadat, menanggapi polemik antara kedua pejabat tinggi daerah itu, Kamis (7/10/2021).

Kepolosan sikap politik yang diperlihatkan Rusdin Sinaling dimata publik, lanjut Sadat, menjadi cerminan terhadap kualitas kader partai.
“Terkait perdebatannya di media dengan Wabup, jika ini benar, maka sesungguhnya itu memukul rasa kecewa yang besar dari masyarakat atas perilaku amoral amanah yang mereka sandang. Sebab bagaimanapun, Rusdin Sinaling notabenenya adalah seorang pimpinan lembaga di DPRD,” terangnya.

Karena itu, Sadat berharap agar masalah tersebut tidak menjadi polemik yang berkepanjangan di depan publik. Karena hal itu, kata dia, justru sangat memalukan sekali.
“Saya percaya, NasDem dengan semangat perubahan yang progresif, tidak akan membiarkan dan melihat ketimpangan sikap yang dipraktekkan oleh para elit, apalagi itu kadernya sendiri,”jelasnya.

Meski begitu, lanjutnya, di satu sisi, partai juga harus menginvestigasi secara objektif, jika ada kader yang berperilaku demikian.
“Berikan ruang klarifikasi pada kader yang ditengarai melakukan pelanggaran etik sosial dalam posisi yang disandangnya. Apalagi beliau adalah seorang pejabat Publik,”ungkapnya.

Begitu pula, pada sisi yang lain, partai tidak boleh menutup ruang klarifikasi sebelum mengambil langkah tegas terhadap kesalahan kader.
“Setelah penjelasan dari yang bersangkutan sudah didengar, barulah partai segera melakukan langkah-langkah pemberian sanksi pada siapapun kader Partai. Apakah peringatan ringan, sedang atau sanksi berat. Dan saya yakin, NasDem pasti sudah punya langkah itu,”paparnya.

Selain mengungkapkan keperihatinannya, Sadat juga berharap kepada Aparat Penegak Hukum (APH) yang sudah menyerap info-info dari media, agar segera melakukan langkah-langkah penyelidikan.
“Karena ini delik umum yang sudah terangkat dipermukaan publik. Jangan lagi masyarakat bertumpuk kekecewaan dari pola tindak yang berpolemik pada barter-barter pragmatisme,”tandasnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!