15 April 2024

Pemprov Sulteng Siapkan Dana Rp100 Miliar Pertahun untuk Kabupaten/Kota

0

Bupati Bangkep H. Rais D. Adam
Bangkeppos. com, SALAKAN- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah menyiapkan dana talangan sebesar Rp100 miliar pertahun di setiap pemerintah kabupaten dan kota. Dana ini seolah menjadi kado istimewa bagi kabupaten Bangkep yang sedang merayakan hari ulang tahun ke 22.

Dengan dana ratusan miliar itu, Gubernur Sulteng H. Rusdi Mastura berharap seluruh pemerintah kabupaten/kota se-Sulteng dapat merealisasikan visi-misinya. Yakni, Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju.
“Semoga anggaran itu dapat diseleraskan dengan program-program pemerintah Kabupaten Bangkep melalui OPD,”tekan Gubernur, dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan langsung Bupati Bangkep H. Rais D. Adam, pada puncak upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Bangkep ke 22, Rabu (3/11/2021) kemarin, di Kantor Bupati, Jln. Bukti Trikora Salakan.

Pemerintah Provinsi, lanjut Bupati, kini telah menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak. Diantaranya: dengan BRI terkait penyaluran KUR dengan bunga lunak, juga bank Sulteng dengan penyaluran dana PEN serta PT. Indofood untuk pengembangan Food Estate.
“Kerjasama itu dilakukan untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19.
Sehingga manfaatnya dapat hadir di tengah-tengah masyarakat Bumi Trikora, terutama melalui program-program prioritas percepatan pengentasan kemiskinan dan pengangguran,”ungkap Bupati.

Bupati menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bangkep terkontraksi sebesar 2,98 persen. Berbeda dengan tahun 2019, grafik pertumbuhan ekonomi Bangkep tumbuh positif mencapai 4,02 Persen.
“Kiranya kondisi ini dapat dijadikan pemantik untuk berpacu mengintensifkan kerja dengan niat lurus dan semangat integritas,” ujarnya.

Di Bangkep sendiri, terutama dari sisi infrastruktur, lanjut Bupati, kedepan akan terus ditingkatkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, konektifitas, dan transportasi sebagai daerah penyangga ibukota negara di Kalimantan Timur, yang manfaatnya akan terasa hingga ke Bangkep.

Olehnya itu, Gubernur berharap melalui pendidikan berbasis vokasi dan peningkatan kualitas produktifitas perikanan, pertanian, dan peternakan, serta peningkatan fiskal daerah, serta capaian Indeks Pembangunam Manusia (IPM) di Bangkep dari 65,42 persen saat ini, menjadi lebih tinggi. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!