15 April 2024

Ketua DPRD Bangkep Minta Bupati dan Sekda Percepat Realisasi APBD

0

Bangkeppos.com, SALAKAN- Molornya APBD Bangkep 2022 menjadi pekerjaan rumah (PR) ke depan, bagi sejumlah pimpinan OPD. Tak terkecuali operator.

Karena itu, Ketua DPRD Bangkep Rusdin Sinaling meminta Bupati Bangkep H. Rais D. Adam dan Sekda Rusli Moidady, segera menggenjot percepatan realisasi APBD yang molor, akibat lambannya operator dalam menginput kegiatan diaplikasi SIPD dan SIMDA.
“Saya sudah koordinasi dengan pak Bupati dan pak Sekda. Dan Insya Allah, sesegera mungkin akan dipercepat, ” ujar Rusdin, Rabu (23/2/2022) kemarin.

Atas kondisi itu, Rusdin tak ingin menyalahkan pihak eksekutif. Meskipun, faktanya penyebab molornya APBD tersebut adalah bukan kesalahan dari legislatif.
“Dari sisi ketepatan waktu pembahasan, DPRD sudah tepat waktu. Sekarang ini kendalanya ada di OPD,” kata dia.

Politikus Partai NasDem kabupaten Bangkep ini, menyarankan Bupati dan Sekda, memaksimalkan pengawasan yang ketat terhadap para operator di OPD.
“Jika perlu, operatornya didampingi pada saat melakukan penginputan. Dan proses penginputannya, baiknya dilakukan saja langsung dikeuangan,” sarannya.

Selain itu, kata dia, ketegasan dari setiap pimpinan OPD terhadap masing-masing bawahannya (operator) perlu dilakukan. Sebab molornya APBD Bangkep saat ini, justru mematikan sendi-sendi kehidupan, terlebih pada sisi perputaran ekonomi masyarakat.
“Karena satu-satunya sumber penghasilan atau pendapatan masyarakat kita di bangkep ini, semua hanya bersandar di APBD,” terangnya.

Rusdin berharap, para OPD Bangkep tidak apatis dengan kondisi daerah
saat ini, sehingga menyebabkan terhambatnya proses APBD. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!