7 Februari 2024

DPRD Bangkep Siap Kawal Anggaran Kegiatan Renja OPD 2022

0

Foto: Wakil Ketua 2 DPRD Bangkep, Eko Wahyudi. (ist)
Bangkeppos.com, SALAKAN- Wakil Ketua 2 DPRD Bangkep, Moh. Eko Wahyudi ST, menyatakan, DPRD Banggai Kepulauan siap mengawal program yang telah tertuang dalam rencana kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun anggaran 2022.

Untuk mendukung pelaksanaan hal tersebut di lapangan nanti, lanjut Eko, pihaknya tinggal melakukan penyesuaian atau sinkronisasi atas program dimaksud.
“Renja 2022 sudah dianggarkan, kita DPRD tinggal mengawal pelaksanaannya di lapangan. Sehingga itu kita butuh sinkronisasi,” ujarnya, saat memimpin rapat sinkronisasi rencana kerja OPD dengan Komisi 2 DPRD beberapa pekan lalu, di ruang Komisi 2 DPRD Bangkep.

Dijelaskannya, pengawalan sejumlah program kegiatan yang bersifat prioritas daerah, itu telah dituangkan melalui visi-misi bupati dan wakil bupati banggai kepulauan periode 2017-2022.
“Dari situ, muncul RPJM dan RKPD,” kata dia.

Intinya, menurut Eko, DPRD selain punya fungsi pengawasan yang melekat, lembaga wakil rakyat itu juga punya hak budgeting (anggaran), yang secara teknis diatur dalam model pokok-pokok pikiran DPRD.
“Jadi soal Pokir DPRD, Undang Undang juga mengaturnya. Karena setiap tahun DPRD wajib menggelar reses. Dan dari hasil reses itulah yang ditungkan kedalam pokok pikiran dewan,” tandasnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!