16 April 2024

Risaldi Salatun : Inspektorat Buka Ruang kepada Masyarakat Soal Laporan Penyalahgunaan Keuangan Daerah

0

Foto: Risaldi Salatun. (ist)
Bangkeppos.com, SALAKAN- Sebagai perpanjangantangan Bupati, Inspektorat Kabupaten Banggai Kepulauan selalu terbuka dengan laporan masuk dari masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan keuangan negara/daerah.

Kepada sejumlah wartawan, Auditor Inspektorat Kabupaten Bangkep Risaldi Salatun, menegaskan, pihaknya memiliki kewenangan dalam melakukan pemeriksaan terhadap laporan penyelenggaraan administrasi dan keuangan daerah.
“Sebagai bagian dari unsur pengawas pemerintah daerah, Inspektorat dalam menjalankan tugasnya bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah,” terang Risaldi, beberapa waktu lalu, dikantornya.

Selain itu, lanjut dia, Inspektorat Daerah juga memiliki tugas membantu Bupati dalam hal membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan, yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah.

Dijelaskannya, salah satu tupoksi utama Inspektorat ialah, melaksanakan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, asistensi dan kegiatan pengawasan lainnya.
“Dan masih banyak lagi tugas dan fungsi yang lain, diluar tugas yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tupoksi Inspektorat,” paparnya.
“Karena Inspektorat juga punya tugas pengawasan. Baik itu di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Disamping bisa melakukan pemeriksaan, pengusutan, pengujian, dan penilaian tugas pengawasan,” sambungnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!