15 April 2024

Umara Pundeng Dorong Bakalan Raya Dimekarkan,Ini Alasannya!

0

Camat Tinangkung, Umara Pundeng, S.Pd, SH, MH. (foto: Irfan Majirung/Bangkeppos)
Bangkeppos.com, SALAKAN- Camat Tinangkung Umara Pundeng S Pd, SH, MH, mendorong dilakukannya pemekaran kecamatan Bakalan Raya, Kabupaten Banggai Kepulauan. Hal itu menyusul adanya rencana isu pemekaran kecamatan Sea-sea, wilayah Kecamatan Bulagi Selatan.

Menurut Umara, aspek pelayanan menjadi salah satu pertimbangan mendasar dilakukannya usulan tersebut.
“Memang dari sisi persyaratan jumlah penduduk, Bakalan Raya belum mencapai standar. Tapi ini kita kembali pada soal pelayanan,” ungkapnya, kepada Bangkeppos, Selasa (26/7/2022) sore tadi.

Secara khusus, lanjut dia, akses pelayanan dari pulau Bakalan menuju pusat kecamatan atau Ibukota Kabupaten terpisah dari jalur darat.
“Makanya itu saya dorong agar segera dimekarkan menjadi kecamatan. Pertimbangannya selain aspek pelayanan, juga karena pulau Bakalan memiliki kekhususan,” ujarnya.

Mantan jurnalis ini menyebut, dokumen yang berkaitan dengan usulan pemekaran kecamatan Bakalan Raya sudah lama dirampungkan. Dan kini, tinggal dipercepat.
“Karena Sea-sea juga sudah ada planing ke sana (dimekarkan, red). Artinya, kalau Sea-sea bisa, kenapa Bakalan Raya tidak,” tekannya.

Ditambahkannya, jika usulan pemekaran tersebut sudah terealisasi, maka barulah diajukan pengembangan perkampungan khusus masyarakat nelayan.
“Dan itu memungkinkan. Karena jumlah desa bukan jadi syarat perhitungan, melainkan jumlah penduduk,” tandasnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!