30 Januari 2024

Fraksi Perjuangan Nurani Rakyat Minta Pemda Bikin Raperda Merger OPD

0

Anggota DPRD Bangkep, Fice Siska Delangen.
Bangkeppos.com, SALAKAN- Untuk meminimalisir adanya pembengkakan pada pembiayaan belanja di sejumlah OPD, Fraksi Perjuangan Nurani Rakyat meminta pemda bangkep mengajukan rancangan peraturan daerah (Raperda) yang berkaitan dengan penggabungan atau penyederhanaan OPD.

Sebagai juru bicara fraksi, Fice Siska Delangen, menilai struktur khusus pembelanjaan OPD terbilang cukup besar, sehingga menyebabkan pembiayaan daerah selama ini kian membengkak.

Karena itu, Fraksi Perjuangan Nurani Rakyat meminta agar pemda bangkep segera membuat rancangan peraturan daerah yang berkaitan dengan merger atau perampingan OPD.
“Usulan terkait hal ini sudah pernah disuarakan oleh mayoritas fraksi di lembaga DPRD, lewat pandangan fraksi sejak dua tahun lalu,” ujarnya, saat memaparkan pandangan fraksi dalam rapat paripurna perubahan KUA-PPAS 2022, Kamis (8/9/2022) lalu, di DPRD.

Catatan lainnya yang disampaikan Fice ialah, soal penurunan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten Banggai Kepulauan. Hal itu dinilainya menjadi sebuah perhatian penting bagi OPD teknis terkait.

Paling tidak, kata Fice, kepala OPD harus menempatkan SDM yang paham terhadap peningkatan sumber pendapatan asli daerah.
“Termasuk menyiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk pencapaian peningkatan target PAD,” ucapnya.

Pada sisi yang lain, Fice juga meminta Pj. Bupati Bangkep Ihsan Basir, mengevaluasi peningkatan kinerja para OPD dalam merealisasikan program kerja yang telah disepakati bersama, demi kemajuan daerah kabupaten banggai kepulauan.

Terkait program pengentasan kemiskinan yang dicanangkan oleh Pj. Bupati Bangkep, Fice mempertanyakan langkah kongkret pemda bangkep dalam upaya pengentasan kemiskinan tersebut.
“Tujuannya, agar bisa menciptakan kondisi masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur,” tutupnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!