15 April 2024

Dinilai Sangat Meresahkan Warga, Polsek Bulagi Amankan Pengguna Knalpot Bogar

0

Kapolsek Bulagi IPDA Muh. Ruhil Newton Sugiarto SH, saat mengamankan pemilik kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot racing atau bogar di Mako Polsek Bulagi. (ist)
Bangkeppos.com, SALAKAN- Kepolisian Sektor Bulagi Polres Bangkep terus berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya. Itu dikarenakan masih ada sejumlah warga masyarakat setempat yang kurang tertib dalam berkendara.

Karena itu, Personil Polsek Bulagi intens menggelar Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) pada hari ini, Selasa (1/8/2023). Adapun kendaraan yang disasar ialah kendaraan roda dua yang menggunakan Knalpot Racing atau Bogar di seputaran ruas jalan Kelurahan Bulagi Kecamatan Bulagi Kabupaten Bangkep.

Kapolres Bangkep AKBP Jimmy Marthin Simanjuntak SIK, melalui Kapolsek Bulagi IPDA Muh. Ruhil Newton Sugiarto SH, menyatakan, dengan adanya penggunaan knalpot bogar di jalan raya, tentunya hal tersebut melanggar UU LLAJ, serta sangat menggangu dan meresahkan masyarakat.

“Sebagai aparat negara yang bertugas dan bertanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, kami akan terus melakukan kegiatan-kegiatan Kepolisian, guna menciptakan stabilitas kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polsek Bulagi,” ujar Kapolsek Bulagi.

Perwira berpangkat balok satu itu menjelaskan, dalam melaksanakan kegiatan KRYD tersebut, pihaknya menemukan 10 unit kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot Bogar.
“Selain itu, personil Polsek Bulagi juga menemukan sejumlah kendaraan yang tidak dilengkapi dengan kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor sesuai standar, baik SIM maupun STNK. Karena alasan ketinggalan di rumah. Sehingga kendaraanya langsung diamankan di Mako Polsek Bulagi ” ujarnya.

Setelah itu, lanjutnya, pemilik atau pengendara kendaraan diberikan teguran dan pembinaan. Dengan harapan, agar pengendara tidak mengulangi lagi perbuatannya.
“Dan kita juga minta kepada pengendara untuk wajib menganti knalpot dengan yang standar, sambil menunjukkan kelengkapan surat-surat kepemilikan. Dan setelah itu, mereka kami perbolehkan untuk membawa pulang kendaraannya di rumah,” tuturnya.

Meski begitu, Kapolsek mengaku, sejumlah pelanggar akan tetap diberikan teguran keras.
“Jika nanti kami masih menemukan kembali ada kendaraan yang dipasangi knalpot yang tidak standar, maka kami akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegas Kapolsek termuda se-jajaran Polres Bangkep tersebut.

Sementara, salah seorang tokoh masyarakat setempat, Selmi Lamatoa, mengapresiasi Kapolsek Bulagi dan jajarannya. Karena telah melakukan kegiatan kepolisian yang bertujuan mengamankan dan membuat tertib dan nyaman warga masyarakat di wilayah kecamatan bulagi bersaudara.
“Kami sangat berterima kasih karena Kapolsek Bulagi telah rutin melaksanakan kegiatan Razia Knalpot Bogar yang tentunya menjadi keluhan warga,” ungkap pria yang juga berprofesi sebagai tenaga pendidik di wilayah Bulagi tersebut.

Menurut Selmi, kegiatan kepolisian seperti itu tentunya sangat baik dilaksanakan agar dapat menumbuhkan dan membesarkan kepercayaan masyarakat pada institusi Korps Bhayangkara.
“Kami berharap langkah-langkah dan tindakan kepolisian, khususnya Polsek Bulagi dalam menciptakan dan menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Bulagi terus dilakukan, agar situasi tetap kondusif,” pungkasnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!