11 Juli 2024

Jubir Covid-19 Bangkep Nyatakan Data 2 Orang Warga Bangkep Positif Corona Keliru

0

Foto: Arabia Thamrin. (Dok.Bangkeppos.com)
BANGKEP POS, SALAKAN- Kabar soal dua warga Bangkep yang terkonfirmasi positif corona (covid-19) berdasar dari hasil uji sampel swab Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah pada Rabu (6/5/2020), dinilai masih keliru oleh Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkep, Arabia Thamrin.

Menurut Arabia, kekeliruan soal data yang diberitakan oleh sejumlah media online akan diluruskan pada Kamis (7/5/2020) siang besok .
“Itu masih terjadi kekeliruan. Dan kami sudah sepakat akan diluruskan pada besok hari,”katanya, kepada Bangkep Pos, Rabu (6/5/2020) tadi malam.

Arabia menegaskan, belum akan memberi pernyataan resmi di media terkait dua warga Bangkep yang dinyatakan telah terkonfirmasi positif covid-19 tersebut.
“Dan kami tidak ada hubungannya dengan pemberitaan media di online itu. Karena informasinya belum jelas dan datanya juga darimana. Jadi, sekali lagi, kami akan memberi pernyatan sesuai hasil konfirmasi resmi dari unit Labkesda Pemrov Sulteng,”ujarnya.

Diketahui, dalam pemberitaan di salah satu media online, disebutkan bahwa dari 14 uji sampel swab dari seluruh kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah, terkonfirmasi dua sampel swab warga Banggai Kepulauan telah dinyatakan positif corona. Seperti diungkapkan langsung Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Provinsi Sulteng Jumriani Yunus. Sebagaimana diberitakan Kabar Luwuk.com
“Benar tadi telah keluar hasil uji sampel swab dari Labkesda Pemrov Sulteng, dari 14 sampel swab itu terkonfirmasi positif corona ada enam sampel. Dua dari Kabupaten Bangkep dan empat dari Toli-Toli sisanya negatif,” terang Jumriani Yunus

Informasi lainnya, dua sampel uji swab terkonfirmasi positif dari Bangkep tersebut, hasilnya baru akan di masukkan dalam update pusdatina nasional pada Kamis (7/5/2020). Pasalnya, hasil uji swab enam terkonfirmasi positif itu baru keluar pada sekira pukul 17.00 Wita sehingga laporannya baru akan dimasukan pada besok hari.
“Iya hasilnya baru keluar sore tadi, nanti hasilnya akan dilaporkan ke data pusdatina covid-19 Kemenkes RI besok. Kami pastikan bahwa dua terkonfirmasi positif itu dari Bangkep,” tambahnya.

Sementara itu, berdasar hasil uji sampel swab Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah pada Rabu (6/5/2020), memang terkonfirmasi enam orang. Dua diantaranya dari Bangkep. Hanya saja, data hasil uji swab Faskes RSUD Trikora Salakan antara nomor urut 4 dan 5 adalah nama yang sama. Sehingga bisa jadi yang terkonfirmasi positif di Bangkep hanya ada satu orang. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!