16 April 2024

Sampaka, Desa Pertama di Bangkep Salurkan BLT Dana Desa

0

BANGKEP POS, SALAKAN- Sebanyak 51 kk miskin di desa Sampaka kecamatan Totikum kemarin (Senin, 4/5/2020) menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa untuk alokasi bulan pertama atau bulan April yang dibayarkan awal Mei 2020 ini.

Menurut Kades Sampaka, Haerani Bukarim, keluarga miskin sasaran BLT dana desa setiap bulannya akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp600.000 perbulan selama 3 bulan penyaluran.

Hadir dalam kegiatan penyerahan BLT Dana Desa ini adalah Camat Totikum, Irwan Mayang, yang juga turut menyerahkan secara langsung ke rumah masyarakat penerima. Selanjutnya penyerahan dilakukan oleh pemerintah desa dan BPD dengan mengantar langsung ke rumah penerima dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan penangan Covid-19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan

Penerima BLT Dana Desa adalah murni keluarga miskin yang tidak tercatat sebagai penerima Bansos PKH dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai dari Kementrian Sosial. Juga bukan untuk mereka yang memiliki berpenghasilan tetap setiap bulan seperti PNS, TN, Polri bahkan Perangkat Desa dan BPD pun tidak masuk dalam kriteria penerima BLT dana desa ini, jelasnya

Ditambahkan Haerani, BLT Dana Desa ini adalah jawaban atas hasil kesepakatan musyawarah desa khusus (Musdes Khusus) yang dituangkan dalam Peraturan Kepala Desa sebagai bentuk keprihatinan ditengah Pandemi Covid-19. Dimana harga harga bahan pokok yang semakin hari semakin naik, khususnya harga bahan pokok bagi kami, desa yang berada di daerah pegunungan.

Saat melakukan penyerahan langsung BLT dana desa ini, salah seorang KK penerima Husnan Samuna (40 tahun), sambil menetes air mata mengungkapkan rasa syukurnya kepada pemerintah desa Sampaka yang telah memberikan perhatian kepadanya melalui bantuan ini. Husnan Samuna adalah penderita penyakit kronis pada persendian sehingga untuk berdiripun harus menggunakan tongkat penyanggah sehingga sulit baginya untuk bekerja sehari hari mencari nafkah.

Diakhir penjelasannya, Haerani mengharapkan kepada keluarga penerima bantuan dana tunai BLT Dana Desa ini benar-benar dapat dibelanjakan untuk kebutuhan selama masa sulit ini (lk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!