25 Januari 2024

MUI Bangkep Sarankan Alternatif Tempat Shalat Idul Fitri

0
 

 

Foto: Sadat Anwar Bihalia, S.Hi, MH.
Foto: Sadat Anwar Bihalia, S.Hi, MH.

BANGKEP POS, SALAKAN- Mewabahnya virus corona atau Covid-19 di tanah air telah menembus dihampir semua wilayah, termasuk daerah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep). Karena itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten Bangkep menyarankan dua alternatif tempat melaksanakan ibadah Shalat Idul Fitri secara berjamaah.

Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) BangKep Ustadz Sadat Anwar Bihalia, S.Hi, MH, mengatakan, mengacu pada keterangan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bangkep, pihaknya menyarankan dua alternatif mengenai tempat pelaksanaan Shalat Idul Fitri mendatang.
“Apakah kondisi pengendaliannya masih dapat teratasi atau menghawatirkan. Kalau situasinya masih terkendali, kami sarankan untuk melaksanakan di lapangan terbuka. Agar berhubungan dengan udara terbuka dan bebas sirkulasi udara,”kata Sadat kepada Bangkep Pos, Senin (18/05/2020).

Sebaliknya pun, lanjut dia, jika dalam situasi dan pengendaliannya mengkhawatirkan, maka disarankan agar melaksanakannya di rumah saja bersama keluarga.

Seperti diketahui sebelumnya, satu orang warga Bangkep dinyatakan terkonfirmasi positif virus Corona. Setidaknya, hal itu sedikit banyak berdampak pada pelaksanaan Ibadah di bulan suci Ramadhan ini, termasuk tidak dibolehkannya melaksanakan Shalat berjama’ah di Masjid dan tempat tempat ibadah lainnya secara berjama’ah.

Kondisi itulah yang membuat banyak umat Islam di Bangkep mempertanyakan pelaksanaan Shalat Idul Fitri yang akan digelar pada satu pekan mendatang.

Sementara itu, sampai berita ini ditayangkan, wartawan media ini belum mendapatkan keterangan resmi dari tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bangkep. Meski demikian, seluruh masyarakat diminta agar tetap patuh terhadap anjuran pemerintah dan nasehat ulama. (ml)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!