15 April 2024

Desa Bongganan Bagikan BLT DD ke 172 Keluarga Miskin

0

 

BAGIKAN BLT: Kepala Desa Bongganan, Kecamatan Tinangkung, Bangkep, Masno S.Nyaman, didampingi sejumlah perangkat desa Bongganan dan unsur forkopimcam Tinangkung, saat membagikan dana BLT kepada para keluarga miskin yang layak menerima bantuan. (Foto: for Bangkep Pos)

BANGKEP POS, Com, SALAKAN- Pemerintah Desa Bongganan, kecamatan Tinangkung, Bangkep, membagikan bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa (BLT-DD) untuk penanggulangan dampak pandemi Covid-19, Sabtu (23/5/2020) pagi tadi, di Balai Desa Bongganan.

Bantuan tersebut disalurkan terhadap keluarga yang membutuhkan dan dinilai layak menerima bantuan. Menurut Kepala Desa Bongganan, Masno S.Nyaman, pembagian BLT Dana Desa diperuntukan bagi 172 Kepala Keluarga (KK) miskin di Bongganan.
“Jadi total Dana Desa yang digelontorkan sebesar Rp.103.200.000 pada tahap I Periode April Bulan Mei 2020 ini,”ujarnya.

Masno memastikan, tidak ada persoalan yang muncul dalam penyaluran bantuan tersebut. Sebab, seluruh pelaksanaannya mengacu sesuai regulasi yang ada.
“Pendataan sebelumnya dilakukan oleh masing-masing kepala dusun dan relawan/Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Desa Bongganan,” ujar Masno.

Pemdes Bongganan beserta Tim Gugus Tugas Covid-19 Desa Bongganan juga melakukan pendataan calon penerima BLT-DD, dengan melakukan Musdes khusus validasi, finalisasi, dan penetapan calon penerima BLT-DD.
“Musdes dilaksanakan untuk melakukan validasi, finalisasi, dan menetapkan calon penerima BLT-DD melalui musyawarah mufakat,”jelasnya.

Masno menambahkan, data warga yang kemungkinan belum masuk/ter-cover di BLT-DD menjadi bagian dari sasaran bantuan yang akan dicover melalui Bantuan Sosial Tunai (BST), BDT Bansos dan Bantuan khusus nelayan dari Dinas Perikanan.
“Jumlah data BST ada 160, kemudian BDT Bansos 71, serta bantuan khusus nelayan sebanyak 180 orang,”tutupnya.

 

SERAHKAN BLT: Ketua DPD JPKP Kabupaten Bangkep, Rano Lamahung tampak menyerahkan bantuan dana tunai tersebut kepada warga penerima BLT di desa Bongganan. Selain JPKP Bangkep, LSM DPD GMPK Bangkep juga ikut dilibatkan dalam penyerahan bantuan tersebut.(foto:ist)

Menariknya, dari sekian desa di Bangkep yang sudah menyalurkan BLT DD, Desa Bongganan termasuk salah satu desa yang perlu dijadikan contoh untuk desa yang lainnya di Bangkep. Karena pelaksanaan pembagian BLT-DD itu melibatkan Pers-LSM.
“Ada pers dan dua LSM di Bangkep ( GMPK dan JPKP Bangkep) turut mengawasi dan mengawal secara langsung pembagian dana tersebut,”kata salah satu aparat desa Bongganan, Heldi.
“Teknis pembagian BLT dilaksanakan memenuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan mengundang penerima secara bergiliran,”sambung Heldi.

Sementara, Ketua DPD JPKP Bangkep, Rano Lamahung yang ikut hadir pada kegiatan itu memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran pemerintah desa Bongganan atas pemberian bantuan langsung tersebut, guna meringankan beban masyarakat akibat wabah virus Corona.
“Saya berharap bantuan yang diterima oleh masyarakat bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, untuk memenuhi layanan kebutuhan sosial dasar dan kebutuhan hidup sehari-hari ditengah dampak wabah pandemi ini,”singkatnya.

Harapan yang sama juga dikemukakan Pendamping Desa Bongganan, Sirajudin Adjam.
“Saya berterima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah mengucurkan dana melalui Dana Desa yang penerimanya diproses melalui Musyawarah khusus, sesuai dengan kriteria penerima berdasarkan aturan langsung dari Kementerian Desa,”tukasnya.

Hadir pada kegiatan itu antara lain, Camat Tinangkung Din Syamsuddin, Pendamping Desa Sirajudin Adjam, Ketua GMPK Bangkep, Adnan Dg.Patappa, Ketua DPD JPKP Bangkep Rano Lamahung dan anggotanya, beserta sejumlah unsur forkopimcam kecamatan Tinangkung, dan perangkat desa serta BPD. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!