16 April 2024

Jelang Hari Bhayangkara ke-74, Polres Bangkep Fokus Aksi Sosial Kemanusiaan

0

Kapolres Bangkep, AKBP Reja A. Simanjuntak, SH, S.I.K., MH,
Bangkeppos.com, SALAKAN- Menjelang peringatan Hari Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli 2020 mendatang, Kepolisian Resor Banggai Kepulauan menggelar beragam rangkaian aksi sosial kemanusiaan di wilayah hukum Polres Bangkep.

Pada agenda silaturahmi dengan Bangkep Pos Senin siang (29/6/2020) tadi di ruangannya, Kapolres Bangkep AKBP Reja A. Simanjuntak, SH, SIK.,MH,
mengatakan, aksi sosial kemanusiaan dilakukan seiring mewabahnya pandemik virus Corona (Covid-19) yang melanda hampir seantero dunia, termasuk di Indonesia.
“Intinya, dirangkaian kegiatan yang sudah kita laksakanakan sebelumnya, itu semata-mata hanya untuk masyarakat. Apalagi ditengah wabah pandemik Covid-19 ini, banyak masyarakat kita yang mungkin jadi kehilangan sumber mata pencaharian, pekerjaan dan mengalami kekurangan dan sebagainya,”ujar Kapolres.

Orang nomor satu di Polres Bangkep ini menjelaskan, fungsi dan peran Kepolisian tidak hanya sebagai lembaga penegakan hukum semata dengan kewenangan menyidik kejahatan dan pelanggaran, serta mengurus pekerjaan lain yang wajib dilakukan menurut hukum. Namun lebih dari itu, Kepolisian Republik Indonesia juga punya tanggungjawab bersama untuk melawan wabah virus Corona.
“Kami Polres Bangkep juga sudah melakukan kegiatan bantuan sosial berupa pemberian beras 20 ton kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Meskipun, mungkin nilainya tidak seberapa. Tapi intinya, kami sudah berkontribusi sesuai kemampuan kami untuk membantu saudara-saudara kita,”ungkapnya.

Sekadar diketahui, Polres Bangkep dibawah Komando langsung Kapolres, telah banyak memberi kontribusi ke masyarakat di wilayah hukumnya. Seperti, pembagian beras sebanyak 20 ton kepada masyarakat Bangkep dan Banggai Laut (Balut), aksi donor darah beserta kegiatan bakti sosial lainnya seperti membersihkan rumah ibadah; Masjid dan Gereja.

Menurut mantan Wakapolres Kalimantan Timur ini, apa yang dilakukan Polres Bangkep saat ini sebagai wujud nyata kepedulian Polri terhadap masyarakat, demi menumbuhkan kecintaan dan kedekatan masyarakat dengan sesama anggota Polri.
“Apalagi dengan menghadapi new normal saat ini, semua tempat ibadah sudah mulai dibuka. Sehingga kita harus lebih menjaga dan mengutamakan kebersihan. Itu juga untuk meminimalisir penyebaran wabah pandemik tersebut,”tukas Kapolres.

PERINGATAN HARI BHAYANGKARA KE-74 BERBEDA DENGAN TAHUN SEBELUMNYA

Di sis lain, Kapolres juga mengungkapkan, peringatan hari Bhayangkara ke 74 1 Juli 2020 tahun ini, berbeda dengan peringatan pada tahun sebelumnya.
Sebab peringatan moment bersejarah itu bertepatan akan digelar ditengah wabah pandemik Covid-19 secara virtual melalui video conference online, di Kantor Polres Bangkep pada 1 Juli 2020 mendatang.
“Jadi pelaksanaannya (hari Bhayangkara,red) kali ini tidak dilakukan dengan upacara dilapangan terbuka. Tetapi di ruangan menggunakan sarana video conference, dengan jumlah yang sangat terbatas,”ujar Kapolres.

Pembatasan terhadap peserta bukan tidak beralasan. Hal itu dilakukan untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan semua sudah diatur oleh Mabes Polri. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!