27 Januari 2024

Penyaluran BLT Tahap Dua di Tosel Selesai Seratus Persen

0

Bangkeppos.com, SALAKAN- Beberapa waktu lalu, desa-desa di kecamatan Totikum Selatan (Tosel), Bangkep, disibukkan dengan pendataan dan penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) untuk warga miskin yang terdampak Covid-19.

Camat Totikum Selatan, Apriyanto Pomolango mengatakan, progres penyerahan BLT dana desa tahap pertama dan kedua telah mencapai seratus persen dari 8 desa di kecamatan Totikum Selatan. Capaian tersebut terhitung sejak Minggu 5 Juli 2020.
“Adapun total jumlah penerima sebanyak 830 Kepala Keluarga (KK). Dengan total dana desa yang terserap untuk tahap dua ini yakni sebesar Rp2.498 miliar,” beber Phido-sapaan akrabnya, Minggu (5/7/2020) kepada Bangkep Pos.com.

Menurut dia, pencapaian target penyerahan BLT DD itu, juga berkat kerjasama yang baik antara semua stakcholder dengan pihak pemerintah desa.
“Dan setiap penyaluran BLT DD, pemerintah desa harus mengevaluasi, baik data mau masukan dari masyarakat,”pintanya.

Kata dia, penyaluran tahap empat akan dilaksanakan sebelum akhir Juli 2020 ini.”Insya Allah, untuk tahap tiga selesai dalam minggu minggu kedepan,”ucapnya.

Diakuinya, memang ada sejumlah desa yang alot pada saat musyawarah. Namun, pada pelaksanaannya tidak menimbulkan permasalahan sedikitpun.
“Dan Alhamdulilah, untuk kecamatan Totikum Selatan tidak ada permasalahan berarti dan mampu diselesaikan secara internal oleh desa,”tutupnya.

Ditempat yang sama, Pendamping Desa Kecamatan Totikum Selatan, Sudarso Landengo mengakui, pencapaian target penyaluran BLT tidak lepas dari peranan Camat Totikum Selatan. Camat, kata Sudarso, punya andil besar dalam kesuksesan penyaluran BLT DD di wilayah tugasnya.
“Kami pun pendamping merasa senang bermitra dengan beliau. Karena sosok beliau yang sangat merakyat,”puji Darso.

Untuk diketahui, pada Senin (6/7/2020) besok, pendamping desa bersama pihak pemerintah desa dan kecamatan Totikum Selatan mulai fokus mempercepat proses penyaluran BLT DD tahap tiga dan empat peruntukan Juni dan Juli 2020.
“Intinya, pencapaian realisasi ini selain keterlibatan Camat Totikum Selatan, juga tidak lepas dari peran pak Kapolsek Totikum. Karena setiap penyaluran bantuan di wilayah hukum sektor totikum, Polsek setempat juga hadir dan mengawal secara langsung di lapangan,”tukas alumnus UNIMA Manado ini. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!