28 Januari 2024

138 KK Desa Bakalinga Terima BLT DD Tahap Dua

0

Bangkeppos.com, SALAKAN- Pemerintah Desa Bakalinga, Kecamatan Bulagi Utara, Bangkep, kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap dua kepada 138 Kepala Keluarga (KK) di desa setempat, Kamis (9/7/2020) di Balai Rakyat Desa Bakalinga.

Menurut Kepala Desa Bakalinga, Suratman H.Samali SE, penerima BLT DD pada tahap pertama peruntukan April 2020 berjumlah 115 KK. Tetapi, terjadi lagi penambahan pada tahap kedua ini sebanyak 23 KK.
“Dan Alhamdulillah, itu juga sudah terakomodir semuanya,”kata Kades.

Kades menyatakan, penambahan jumlah penerima pada tahap kedua ini dilakukan melalui jalur musyawarah desa khusus (Musdesus) luar biasa atau musdes insidentil.
“Sehingga jumlah penerima bantuan bertambah menjadi 138 KK dari sebelumnya yang hanya 115 KK,”ujarnya.

Suratman menuturkan, adapun jumlah alokasi Dana Desa melalui APBDes 2020 yang dikucurkan untuk membiayai BLT pada tahap kedua ini yakni sebesar Rp82.800 juta.
“Karena itu, saya berharap semoga masyarakat penerima manfaat bisa terbantu dengan adanya bantuan ini ditengah wabah Covid-19,”tutupnya.

Sementara itu, Pendamping Desa Kecamatan Bulagi Utara, Aprioni Y. Totu’u, ST, menjelaskan,
sejak awal penyaluran tahap pertama bulan April 2020 kemarin telah disepakati dalam musyawarah bahwa jumlah penerima sebanyak 115 KK.
“Namun, selang beberapa waktu, muncul aduan dari masyarakat terkait usulan penambahan jumlah KK penerima. Setelah mengkaji dan melihat prosentasi pagu 30 persen untuk alokasi BLT, Pemdes Bakalinga kemudian menggelar Musdesus kembali. Sehingga usulan penambahan 23 KK penerima terakomodir,” terang Roni.

Untuk diketahui, pembayaran usulan tambahan 138 KK itu telah dibayarkan pada tahap dua bulan Mei kemarin. Karena itu, selaku Tenaga Pendamping di Kecamatan Bulagi Utara, Roni mengaku, tidak ada persoalan terkait penyaluran BLT DD tersebut. Karena seluruh proses penyaluranya telah sesuai mekanisme dan juga berlangsung aman.


Hadir pada kegiatan tersebut antara lain, Kades Bakalinga, Sekdes Zetpiron Yolisan, Camat Bulagi Utara, Kapolsek Bulagi Utara, Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Bangkep Rizal Kaniu, Ketua BPD Bakalinga Hengki Mandanga S.Pd, beserta sejumlah masyarakat penerima bantuan. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!