15 April 2024

Lelang Jabatan Eselon II Lingkup Pemkab Bangkep Tunggu Petunjuk KASN

0

Marjam Mahmud Ibaad, S.H.
Bangkeppos.com, SALAKAN- Rencana pelaksanaan lelang jabatan pimpinan tinggi pratama atau setingkat eselon II di lingkup Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) masih menunggu petunjuk dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Hal ini disampaikan oleh Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bangkep, Marjam Mahmud Ibaad, S.H.
Menurutnya, Pemda Bangkep telah mengajukan surat terkait pelaksanaan job fit bagi para calon pejabat eselon II Pemkab Bangkep ke KASN.
“Suratnya sudah dikirim dan diteken langsung oleh Bupati. Jadi sekarang tinggal menunggu petunjuk KASN. Setelah sudah ada petunjuk dari KASN, lelang jabatan segera akan kami laksanakan,” ujar Maryam saat dihubungi, Rabu (29/7/2020) tadi.

Disisi lain, Maryam juga belum menyebutkan secara rinci nomor surat BKD terkait rencana pelaksanaan lelang itu. Namun, diakuinya, , khusus pelaksanaan lelang pejabat eselon III dan IV belum ada kepastian. Sebab dia juga belum mendapatkan informasi maupun arahan langsung dari Bupati Bangkep Rais D. Adam.
“Hanya bedanya dengan eselon II, kalau untuk pejabat eselon III dan IV tidak perlu lagi persetujuan dari KASN. Hari ini juga misalnya, kalau pak Bupati mau, dia bisa lakukan dihari itu juga. Karena itu sudah kewenangannya Bupati langsung,”katanya.

Dia mencontohkan, pelantikan sejumlah pejabat eselon 3 yang telah selesai dilaksanakan pada beberapa Minggu lalu, tanpa persetujuan dari KASN. Jadi Bupati melantik pejabat eselon 3 yang kemarin itu, ujarnya, karena ada sesuatu hal yang bersifat urgent.

Diketahui sebanyak 15 Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama atau setingkat eselon II yang akan dilelang untuk pengisian posisi lowong lingkup Pemkab Bangkep.
Adapun jabatan yang dilelang, diantaranya, Asisten 1, Asisten III, Staf Ahli 1 orang, Inspektorat, Dinas PU, Dinas Pertanian, Dinas Ketahangan Pangan, Dinas Capil, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, BKPSDM, Dikbud, Dinas Perpustakaan, Disnakertrans dan Dinas Sosial.

Kemungkinan, jumlah kekosongan jabatan untuk eselon 2 ini, juga bakal bertambah. Karena adanya sejumlah Kepala OPD yang tidak lama lagi menjalani masa purna bhakti (pensiun) sebagai ASN.

Terpisah, Ketua DPD JPKP Bangkep, Rano Lamahung menilai, pelantikan pejabat eselon III dan IV sesungguhnya tidak mempengaruhi aspek kebijakan pemerintahan di lingkup Pemda Bangkep.
“Yang harus dilaksanakan lebih dulu sebenarnya adalah rolling jabatan untuk eselon 2. Setelah itu, baru masuk lelang; dinas mana yang akan dilelang jabatannya. Sebab kalau itu dilaksanakan, maka dengan sendirinya pengisian jabatan eselon 3 akan langsung menyesuaikan apabila eselon 2 bergerak,”sarannya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!