28 Januari 2024

Usai Bagi-bagi Masker, Tim Gugus Tugas Covid-19 Makan Bersama di Polsek Tinangkung

0

Bangkeppos.com, SALAKAN- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) dan Kecamatan Tinangkung menggelar kegiatan bagi-bagi masker gratis kepada masyarakat, di sejumlah titik kota Salakan. Diantaranya; di Pasar Sentral Salakan, Pertigaan Kantor Desa Baka, Perempatan SDN Pembina Salakan dan Perempatan Polsek Tinangkung.

Sebelum turun lapangan, tim Gugus Tugas terlebih dahulu mensosialisasikan protokol kesehatan, sesuai arahan langsung dari Ketua Gugus Tugas Covid-19, Bupati Bangkep H. Rais D. Adam.

Bupati menginstruksikan, agar tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Bangkep memberikan sosialisasi protokol kesehatan dan pembagian masker dengan cara sebaik-baiknya kepada masyarakat.
“Saya minta pembagian masker dilaksanakan dengan baik dan tetap mengedepankan protokol kesehatan,”pinta Bupati.

Sasaran pembagian Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker itu yakni, pedagang pasar, pengunjung pasar serta para pengendara kendaraan roda dua, bentor dan kendaraan roda empat.

Menurut Bupati, pembagian masker merupakan bagian dari penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.
“Sebelum diterbitkan Perbup, minimal harus disosialisaikan dulu. Agar masyarakat juga paham,”ujarnya.

Di Perbup nanti, lanjut Bupati, salah satunya mengatur masyarakat soal penggunaan masker di tempat-tempat umum yang juga bisa diikuti denda administratif bagi mereka yang tidak menggunakan masker.
“Mengatur juga soal sanksi denda, tapi itu sanksi terakhir setelah sanksi ringan dan sedang,”terang Bupati.

Informasi yang diperoleh Bangkeppos.com, Perbup tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 itu, Jumat besok (28/8/2020) baru akan masuk pada tahapan asistensi. Kemungkinan, Senin (1/9/2020) mendatang sudah langsung ditetapkan sebagai produk hukum Pemda Bangkep.

Terpisah, Kapolsek Tinangkung IPDA Andi Harman Syah, SH, menjelaskan, kegiatan lapangan tadi baru sebatas sosialisasi dan bagi-bagi masker. Kedepannya, kata Kapolsek, itu sudah masuk pada proses penindakan.
“Namun karena baru pertama kali digelar, mereka yang diketahui tidak menggunakan masker baru sekedar diingatkan saja. Apalagi, penggunaan masker ditengah wabah Covid-19 ini sudah harus dijadikan budaya dan gaya hidup (life style). Hal itu untuk mencegah penularan dan meminimalisir penyebaran Covid-19 di daerah kabupaten Banggai Kepulauan.” ujarnya kepada awak Bangkeppos.com.

Menurutnya, keterlibatan TNI-Polri dalam tim Gugus Tugas semata-mata untuk lebih memantapkan kinerja Gugus Tugas dilapangan. Selebihnya, itu kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkep.
“Karena yang berhak menindaki soal ini adalah Polisi Pamong Praja (Pol-PP). Karena acuannya Perbup. Jadi kami TNI-Polri hanya memback-up dari belakang saja,”tegasnya.

Usai melaksanakan pembagian masker gratis, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkep langsung mendapat jamuan makan siang di Mako Polsek Tinangkung. Dan seluruh tim gugus tugas pun menikmati hidangan yang disediakan di Aula Mako Polsek setempat.

Kegiatan start dari kantor Polsek Tinangkung mulai dari pukul 08.00 Wita sampai dengan 12.30 Wita berlangsung aman dan lancar sesuai rencana.

Hadir pada kegiatan itu antara lain; Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bangkep Ir. Kondrad D. Galala, MM, Camat Kecamatan Tinangkung Din L. Lamasada, Kapolsek Tinangkung IPDA Andi Harman Syah SH, TNI Kodim 1308/LB, Danramil Tinangkung Serma Hanafi, MK, Kepala Desa Baka Tris Linggamo, Kabid LLAJ Dinas Perhubungan Martomi Panggili, SH., M.MSiP, Perawat Puskesmas Tinangkung, Anggota Pol PP Kecamatan Tinangkung Isran Tanggais, tokoh Agama Pdt. Meisky M. Takus, SH. dan Lurah Salakan beserta sejumlah aparat petugas lapangan lainnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!