29 Januari 2024

11 Rumah Warga di Desa Bongganan Ludes Terbakar

0

LAPORAN : IRFAN MAJIRUNG/ BANGKEP POS


Bangkeppos.com, SALAKAN- Kebakaran hebat melanda warga desa Bongganan, Kecamatan Tinangkung, Kabupaten Bangkep, Sulawesi Tengah. Kebakaran terjadi pada Minggu (7/2/2021) sekira pukul 13.20 wita, tepatnya di Kompleks Gedung Olahraga Bulu Tangkis, tak jauh dari pekuburan desa Bongganan.

Sedikitnya sebelas bangunan rumah milik warga setempat ludes dilalap si jago merah. Diantaranya rumah milik Kimut, Alwin, Tabu, Boroto, Yusnana, Maslan, Mama Dode, Ati, Rewa, Lafaena dan om Kereng. Serta dua rumah lagi yang tidak terbakar habis.Hanya bagian dapurnya saja.

Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti. Namun dari penuturan sejumlah saksi mata di lokasi kejadian, api awalnya diduga bersumber dari rumah Om Biroto.
“Sumber api dari rumahnya om Biroto. Saya taunya kebakaran, setelah mendengar suara ledakan dan munculnya kepulan asap masuk dari depan rumah saya,”tutur salah satu korban kebakaran, Om kereng, (40), bersama isterinya, Suparni, (35), kepada media ini.

PASRAH: Om Kereng bersama isterinya hanya bisa diam dan termangu menyaksikan peristiwa kebakaran yang melandanya. (Foto: Irfan Majirung/Bangkeppos)

Om Kereng mengaku tak sempat menyelamatkan pakaian dan sejumlah barang-barang berharga lainnya, seperti perhiasan emas yang ada di dalam rumahnya.
“Tapi, Alhamdulilah, kami bersyukur karena tidak ada korban jiwa,”ucapnya, sedih.

Ayah dua anak ini pun tampak tak mengenakan baju di badannya. Ia hanya menggunakan sarung saat menyaksikan langsung kejadian yang menimpanya itu.
“Hanya bisa pasrah saja,” ujarnya, tampak tak kuasa menerima ujian yang melandanya itu.

Meskipun tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kerugian materi ditaksirkan hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Berdasarkan hasil pantauan Bangkeppos.com dilapangan, ditengah kepanikan, para warga setempat telah berusaha ingin memadamkan api menggunakan ember kecil. Namun, kobaran api tak berhasil dipadamkan oleh para warga hanya dengan peralatan seadanya, apalagi kondisi angin yang cukup kencang.

Setelah kurang lebih 15 menit api berkobar dan menjalari bangunan rumah milik warga tersebut, Mobil Damkar milik BPBD Pemda Bangkep tiba di lokasi kebakaran. Tak lama kemudian, menyusul lagi Mobil Water Canon milik Polres Bangkep. Dengan gerak cepat dan tangkas dari para petugas kebakaran BPBD dan Personil Polres Bangkep, Alhasil, kobaran api akhirnya bisa dipadamkan.

Sebelum api berhasil dipadamkan, Kapolres Bangkep AKBP Reja A.Simanjuntak, SH,SIK, MH, yang tampak mengenakan kaos Kuning itu didampingi Kasat Reskrim Polres Bangkep IPTU Ismail SH bersama sejumlah anggota lainnya, ikut terlibat langsung dilokasi kejadian.

Hingga kini, Polisi sudah melakukan olah tempat kejadian perkara. Namun itu belum bisa diekspos. Sebab masih dalam proses pengembangan penyelidikan.*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!