15 April 2024

Pemdes Tonusan Bikin Inovasi Jasa Transportasi Laut Gunakan Dana Desa

0

Penyediaan fasilitas perahu penyeberangan yang dianggarkan lewat dana desa tahun anggaran 2021 di desa Tonuson, kecamatan Totikum Selatan. (ist)
Bangkeppos.com, SALAKAN- Pemerintah desa (Pemdes) Tonuson, Kecamatan Totikum Selatan, Kabupaten Bangkep, menganggarkan Dana Desa (DD) tahun 2021 untuk program pemberdayaan masyarakat. Program itu yakni, berupa penyediaan angkutan transportasi laut antar dua kabupaten (Bangkep-Balut).

Kepala Desa Tonuson Jasdin mengatakan, penyediaan jasa transportasi laut adalah wujud dan harapan besar dari para warga setempat.
“Pertimbangannya supaya di desa Tonuson ada akses penyeberangan penumpang dari Bangkep ke Balut. Kemudian, ongkosnya Rp30 ribu per orang,”ujarnya.

Dari pertimbangan-pertimbangan tersebut, lanjut Kades, Pemdes Tonuson kemudian memfasilitasi pengadaan 1 unit Bodi Fiber (perahu penyeberangan) dengan mesin 40 PK, lewat anggaran DD pada tahun anggaran 2021 ini.
“Angarannya sesuai di APBDes 2021 sebesar Rp170 juta. Ukuran panjang Bodinya 14,5 meter, lebar 1,5 meter. Dan kapasitas muatannya kira-kira 3 ton, “papar Jasdin.

Soal kapan pengoperasiannya, Jasdin mengatakan dalam waktu dekat ini.
“Pada Kamis 7 Oktober 2021 kemarin, bodinya sudah diturunkan di pelabuhan Tobungku. Jadi tinggal pemasangan mesin untuk siap dimanfaatkan. Dan pangkalannya nanti kita buka di dermaga desa Tonuson,”terangnya.

Menurut Jasdin, pengelolaan perahu penyeberangan tersebut nantinya akan dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Mandiri Tonuson.
“Harapannya agar bisa dikelola lebih maksimal. Sehingga mendatangkan manfaat yang besar terhadap sumber pendapatan ekonomi masyarakat, terutama untuk Pendapatan Asli Desa (PADes) di desa Tonuson,” ucapnya.
“Ini juga bagian dari inovasi dan program pemberdayaan yang saya impi-impikan,”sambung Jasdin. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!