16 April 2024

Pemda Bangkep Launching Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

0

LAUNCHING VAKSINASI ANAK: Bupati Bangkep H. Rais D. Adam diwakili oleh Asisten III, Ekasilawati Sipatu, saat membuka secara resmi launching vaksinasi bagi anakk usia 6-11 tahun, Jumat (21/1/2022) lalu, di gedung BPU kecamatan Tinangkung. (ist).
Bangkeppos.com, SALAKAN- Vaksinasi covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di kabupaten Banggai Kepulauan dilaunching, Jumat (21/1/2022) lalu, di gedung BPU kecamatan Tinangkung.

Launching vaksinasi anak tersebut, dibuka secara resmi oleh Bupati Bangkep H. Rais D. Adam, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, unsur forkopimcam beserta sejumlah undangan lainnya.

Bupati Rais D. Adam, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten III, Ekasilawati Sipatu, menjelaskan, pemberian vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun, merupakan instruksi langsung dari pemerintah pusat.

Selain itu, kata dia, juga diatur dalam peraturan Mendagri Nomor 66 Tahun 2021 mengenai pencegahan dan penanggulangan corona disease 2019, dan keputusan Menteri Kesehatan Nomor 0101 Menkes 6688 2021 tentang pemberian vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun.

“Olehnya, pemerintah menilai vaksinasi anak sangatlah penting. Pertimbangannya, agar kasus covid-19 tidak menyerang tubuh anak-anak kita,” terangnya.

Bupati menegaskan, penggunaan vaksinasi anak telah mendapat rekomendasi dari komite penasihat Ahli Imunisasi Nasional dan telah mendapat status Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM.

Untuk itu, Bupati juga mengimbau kepada para orang tua atau wali murid, jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu hoax di luar sana.

Sebab menurut dia, para pemegang kewenangan telah mengkaji bahwa vaksin ini aman. Bahkan, vaksinasi anak sangat penting untuk ketahanan daya tubuh anak-anak.
“Saya menghimbau untuk bapak atau ibu para tenaga pendidik, dan utamanya orang tua untuk tidak perlu khawatir, apabila anaknya di vaksin,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Abdi Gunawan, membenarkan pernyataan tertulis Bupati. dr. Abdi menjelaskan, pemberian vaksinasi terhadap anak, justru sangat membantu mencegah virus covid-19.
“Agar tidak masuk ke dalam tubuh anak-anak sebagai generasi penerus, dan juga membantu kekebalan tubuh mereka,” singkat dr. Abdi.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Budaya Kabupaten Bangkep, Aryono Orab, menambahkan, sosialisasi vaksinasi anak ini, sekaligus dirangkaikan dengan launching perdana vaksinasi.
“Dan ini akan kita tindaklanjuti di semua satuan pendidikan sekolah yang ada di Bangkep,” tandasnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!