15 April 2024

Anggaran Belanja Rutin dan Honorer Pemda Bangkep Belum Cair, Ini Kendalanya!

0

Kantor BPKAD Kabupaten Bangkep. (ist)
Bangkeppos.com, SALAKAN- Pencairan anggaran pembiayaan belanja rutin dan para tenaga honorer di lingkup pemerintah daerah kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), hingga kini masih terkendala. Sementara, pembayaran gaji Januari 2021 untuk para Pegawai Negeri Sipil (ASN) telah selesai dieksekusi.

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bangkep menyebut, kendala itu terjadi disebabkan adanya penyesuaian penginputan program kegiatan pada sistim aplikasi keuangan.
“Ya. kita semua sudah menggunakan sistim online. Jadi semua harus menyesuaikan dengan sistim itu. Sehingga itu yang menjadi penyebab lambatnya pencairan hak para tenaga honorer,” ujar salah seorang pegawai di BPKAD Bangkep itu, Jumat (4/2/2022).

Dia menjelaskan, kesalahan penginputan kegiatan pada sistim aplikasi, akan berdampak pada terhambatnya kemudahan proses percepatan pencairan.

Di sisi lain, hampir semua pegawai di masing-masing bagian perencanaan OPD saat ini, kata dia, sedang dalam proses belajar. Termasuk, melakukan penyesuaian penginputan program di sistim aplikasi keuangan dimaksud.
“Namun kita akan tetap upayakan, agar pencairan belanja rutin secepatnya diproses. Dan itu tidak akan sampai menyeberang triwulan satu,” katanya.

Dia mencontohkan, kegiatan pada triwulan satu misalnya, proses pencairannya akan diselesaikan secepatnya di triwulan tersebut.
“Jadi tidak boleh pencairannya menyeberang triwulan dua,” ungkapnya.

Olehnya, dia meminta kepada seluruh tenaga honorer dilingkup Pemda Bangkep agar tetap bersabar.
“Sabar. Insya Allah, paling lambat pertengahan Februari 2022 ini sudah cair,” tutupnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!