16 April 2024

Ini Jawaban Bupati Soal Penerbitan Perijinan di Bangkep

0

Bupati Bangkep, H. Rais D. Adam. (ist)
Bangkeppos. com, SALAKAN- Bupati Banggai Kepulauan H. Rais D. Adam menanggapi satu persatu komentar yang disuarakan oleh para wakil rakyat bangkep, saat paripurna pengajuan empat rancangan peraturan daerah (Ranperda) dan pengumuman pemberhentian dan usul pengangkatan PAW anggota DPRD Fraksi Demokrat, Senin (14/3/2022) kemarin, di gedung DPRD.

Orang nomor satu di kabupaten Bangkep ini menjelaskan, proses penyelenggaraan perjinan di daerah harus terintegrasi dengan pemerintah pusat.
“Jadi semua yang dilakukan oleh Pemda Bangkep merupakan perijinan yang sudah terintegrasi, baik dari pemerintah Provinsi maupun Pusat,” terangnya, menanggapi statement Ketua Komisi 3 DPRD, Bikham Masso.

Bupati mengaku, memahami dinamika terhadap adanya usulan ranperda tersebut. Meski begitu, beberapa kemungkinan dari dampak Ranperda yang diusulkan eksekutif tidak menjadi hambatan bagi daerah.

Secara umum, Bupati menjelaskan, Ranperda tentang layanan ijin berusaha diharapkan bisa menjadi pintu masuk bagi investor dan menjawab kekhawatiran dari sejumlah anggota DPRD.
“Sebab apa yang kita buat ini, kalau tidak dilandasi dengan dasar hukum yang jelas, tentu itu juga pasti akan menjadi masalah di kemudian hari,” terangnya.

Ditegaskannya, tidak boleh hanya karena ingin memuluskan kepentingan pihak investor, lalu kita menabrak regulasi. Yang pada akhirnya menyeret kita pada sebuah proses hukum.
“Mengenai tambah kuranganya, itu tinggal dikomunikasikan dengan pihak investor. Karena setiap investor ketika ada rencana mau berinvestasi ke bangkep, selalu listrik yang menjadi pertanyaan,” ungkap Bupati.

Jadi, berkaitan dengan listrik, tambah Bupati, sudah dikomunikasikannya langsung dengan Manager PLN Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo (Suluttenggo).
“Dan saya sudah bertemu langsung dengan General Manager PLN Sulutenggo, pak Leo, minta agar pasokan daya listrik di kabupaten Bangkep bisa dilayani. Dan Insya Alah, dari hasil komunikasi saya dengan Managernya, PLN siap membagikan satu mesin ke Bangkep,” tukasnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!