15 April 2024

Desa Kalumbatan Lakukan Seleksi Penjaringan Perangkat Desa 2022

0

PENJARINGAN APARAT : Pemdes Kalumbatan menggelar seleksi penjaringan perangkat desa, Kamis (24/3/2022) tadi siang, itu di kantor desa Kalumbatan, kecamatan Totikum Selatan, Banggai Kepulauan. (ist)

Bangkeppos. com, SALAKAN- Untuk memaksimalkan penyelenggaraan urusan pemerintahan, Desa Kalumbatan, Kecamatan Totikum Selatan, menggelar seleksi penjaringan dan penyaringan perangkat desa, Kamis (24/3/2022) tadi siang, di kantor desa setempat.

Dalam proses tersebut, sebanyak tiga formasi jabatan yang disiapkan. Diantaranya, Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kasi Kesra), Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan, dan Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan.

Dari tiga formasi jabatan itu, masing-masing diikuti oleh dua orang peserta. Setelah dilakukan pengumuman, Redi J. Moidady terpilih sebagai Kasi Kesra. Kemudian, Friyandi S. Usman terpilih sebagai Kaur Perencanaan, dan Winter H. Latta, eks calon kepala desa tahun 2021 lalu, kini berhasil terpilih dan menduduki jabatan sebagai Kasi Pelayanan.

Kepala Desa Kalumbatan, Roni P. Muhammad, melalui Friyandi S. Usman, mengatakan, kegiatan penjaringan itu dilakukan, guna meningkatkan efisiensi pelayanan kepada masyarakat desa, serta memberdayakan kinerja pemerintah desa dalam mengemban kewajiban sebagai penyelenggara dan penanggungjawab dibidang pemerintahan.

FOTO BERSAMA: Pemerintah dan aparat desa Kalumbatan saat foto bersama usai kegiatan penjaringan digelar. (ist)

Menurutnya, proses rekrutmen calon perangkat desa telah dilakukan sesuai tahapan dan mekanisme yang berlaku.
“Tahapan seleksinya ada tiga, yaitu ujian tertulis, wawancara dan praktek,” terang, Yandi,- sapaan akrab Afriyandi.

Diakuinya, tiga formasi jabatan sebelumya mengalami kekosongan di desa. Sehingga itu dikhawatirkan, akan berpengaruh pada fungsi dan tugas pelayanan pemerintah desa terhadap masyarakat.
“Itu alasan mendasar hingga pemdes melakukan seleksi dan penjaringan aparat,” jelasnya.

Diharapkan kepada calon perangkat desa yang terpilih, bisa mendayagunakan potensinya untuk pembangunan pemerintah desa kalumbatan, terlebih untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa setempat.

Kegiatan penjaringan tadi, juga turut dihadiri langsung oleh Camat Totikum Selatan beserta sejumlah jajarannya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!