10 Juli 2024

Musrenbang RKPD 2023 Usung Empat Prioritas Pembangunan Daerah

0

Wakil Bupati Bangkep, Salim J. Tanasa, membuka secara resmi Musrenbang Kabupaten Bangkep tahun 2023, Rabu (23/3/2022) lalu, di Auditorium Bappeda dan Litbang. (ist)
Bangkeppos. com, SALAKAN- Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) 2023, pemerintah daerah mengusung empat prioritas pembangunan yang bertujuan meningkatkan daya saing kabupaten Bangkep melalui penyediaan infrastruktur daerah yang memadai.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Bangkep Salim J. Tanasa, saat membuka secara resmi Musrenbang Kabupaten Bangkep Tahun 2023, Rabu (23/3/2022) lalu, di Auditorium Bappeda dan Litbang.

Empat prioritas itu antara lain, pertama, tersedianya sarana dan prasarana pelabuhan Salakan dan penataan kawasan Ibukota.

Kedua, memaksimalkan pemenuhan kebutuhan air bersih dan jalan untuk kesejahteraan masyarakat.

Ketiga, peningkatan mutu tenaga pendidik dan pendidikan, serta optimalisasi percepatan penurunan stunting.

Lalu, yang keempat, optimalisasi pelayanan publik dan sektor pendukung ekonomi di wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan.

Wabup Salim menjelaskan, penyelenggaraan Musrenbang ini merupakan mekanisme perencanaan tahunan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Nomor 86 Tahun 2007 dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat.
“Sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif dan transparan, serta dapat dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Wabup Salim menambahkan, dalam melaksanaan program dan kegiatan, Pemkab Bangkep tetap konsisten dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Beberapa indikator makro Kabupaten dan realita yang dihadapi saat ini antara lain, pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, indeks pembangunan manusia, ketenagakerjaan, pendidikan, serta kesehatan dan infrastruktur,” tukasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Sulteng Kamal Ariansyah, S.STP.,M.Si, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Prov. Sulteng Dr. Aksa H. Mardani. ST.MM, Anggota DPRD Prov. Sulteng Ronald Gulla, ST, Unsur Forkopimda Bangkep serta para undangan lainnya. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!