19 Januari 2024

Bupati H.Rais D. Adam Resmikan Kolam Percontohan Budidaya Ikan Air Tawar

0

Bupati Bangkep H. Rais D. Adam bersama Sekda Bangkep Rusli Moidady, Wakapolres Bangkep, perwakilan Pabung 1308 LB-Salakan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tommy B. Luasusun, saat menebarkan ikan air tawar di kolam percontohan yang baru saja diresmikan di belakang rumah jabatan Bupati, pada Jumat (13/5/2022) tadi siang.(Foto:Irfan Majirung/Bangkeppos)
Bangkeppos.com, SALAKAN- Setelah berhasil meresmikan mesin pabrik es di desa Kalumbatan, kecamatan Totikum Selatan, Rabu (11/5/2022) lalu di sisa masa akhir jabatannya, kali ini, Bupati Bangkep H. Rais D. Adam, kembali meresmikan kolam percontohan budidaya Ikan air tawar di belakang Rumah Jabatan Bupati (Rujab), Jumat (13/5/2022) tadi siang.

Bupati dalam sambutannya, meminta agar percontohan budidaya ikan air tawar terus dimaksimalkan. Sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan untuk menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bangkep ke depan.

Bupati Bangkep saat menyampaikan sambutan pada peresmian kegiatan tersebut.

Bupati menuturkan, kolam percontohan tersebut dibikin jauh sebelum dirinya menjabat sebagai Bupati. Menjelang masa jabatannya akan berakhir, kolam tersebut baru berhasil diresmikan.
“Itu juga berkat upaya dan hasil perjuangan keras dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bangkep Tommy B. Luasusun,” puji Bupati.

Bupati mengingatkan Kadis Kelautan dan Perikanan untuk terus memelihara dan menjaga keamanan isi kolam tersebut.
“Apalagi, ikan yang dipelihara adalah ikan dambaan orang banyak. Bisa saja hari ini ikannya masih hidup, sebantar malam sudah habis isinya,” canda Bupati.

Mengantisipasi terjadinya korban nyawa bagi anak-anak nantinya yang akan bermain di kolam tersebut, Bupati berkali-kali mengingatkan, agar pihak dinas kelautan dan perikanan terus menjaga sisi keamanannya.
“Karena banyak anak-anak kita yang hidup dan tinggal di sekitar lingkungan kolam ini,” harap Bupati, mengakhiri.

Ditempat yang sama, Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bangkep Tommy B. Luasusun, menjelaskan, berdasarkan Undang Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan, bahwa pembudidayaan Ikan adalah kegiatan untuk memelihara, membesarkan dan/atau membiakkan ikan, serta memanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol.
“Termasuk kegiatan yang menggunakan kapal untuk memuat, mengangkut, menyimpan, mendinginkan, menangani, mengolah dan atau mengawetkannya,” terang Kadis.

Menurut Kadis, kegiatan percontohan budidaya pembesaran ikan air tawar ini merupakan kegiatan inisiatif dari dinas, yang didukung oleh seluruh civitas dinas perikanan. Dan sistim penganggarannya yakni bersifat swadaya, bukan bersumber dari APBD Bangkep.
“Hal ini kami lakukan, karena selain potensi laut yang kita miliki, dibeberapa wilayah tertentu, daerah kita punya ketersedian sumberdaya air yang melimpah. Dan ini merupakan potensi lain yang bisa dimanfaatkan bagi pengembangan usaha budidaya ikan air tawar,” ucapnya.

Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangkep Tommy B. Luasusun, saat menyampaikan sambutan pada launching perdana percontohan budidaya ikan air tawar. (Irfan Majirung/Bangkeppos)

Dengan pelaksanaan kegiatan tersebut, diharapkan akan membuka cakrawala berpikir dan menginspirasi masyarakat secara umum terhadap penerapan teknologi budidaya ikan, untuk berpartisipasi aktif dalam rangka penyediaan dan pemenuhan konsumsi pangan asal ikan, terutama pada daerah aliran sungai, waduk dan danau di Kabupaten Banggai Kepulauan.

Kadis pun menyadari, bahwa inisiatif pelaksanaan kegiatan percontohan budidaya pembesaran ikan air tawar ini mendapat banyak perhatian.
“Dan bahkan ada sedikit penolakan. Namun semua ini kami anggap adalah sebuah kritik yang menjadi pemicu motivasi bagi semua untuk terus berbuat dan bekerja sepenuh hati dengan berbasis pada pengembangan inovasi dan teknologi, dan juga berdasar pada ketersedian sumber daya alam yang dimiliki,” tuturnya.

Dia juga menyakini, tujuan program pembangunan perikanan yang berkelanjutan secara periodik akan dapat tercapai.
“Karena itu, kami minta dengan segala kerendahan hati kepada Bapak Bupati, agar kami diberi penguatan spirit dan support untuk selalu berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan daerah ini,” pintanya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Sekda Bangkep,Wakapolres Bangkep,sejumlah kepala OPD, dan para civitas Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangkep. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!