27 Januari 2024

KPU Bangkep Launching dan Bimtek Program DP3

0

LAUNCHING PROGRAM DP3: KPU Kabupaten Bangkep melaunching program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), pada Kamis (28/5/2022) di Aula Bappeda Kabupaten Bangkep. (ist)
Bangkeppos. com, SALAKAN- KPU Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) melaunching program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), pada Kamis (28/5/2022) di Aula Bappeda Kabupaten Bangkep.

Dua desa yang ditunjuk sebagai lokus pada program DP3 di Kabupaten Bangkep adalah desa Kalumbatan, Kecamatan Totikum Selatan dan desa Baka, Kecamatan Tinangkung.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Bangkep Tamin S.Pd, mengatakan, pelaunchingan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan amanat dan program unggulan KPU RI tentang program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan.

Tujuannya yakni, untuk meningkatkan partisipasi pemilu dan menangkal hal-hal yang tidak baik di masyarakat.
“Terutama bagi para pemilih dalam soal berita bohong atau hoax, yang berkaitan dengan tahapan dan proses penyelenggaraan pemilu dan pemilihan ke depan,” terangnya.

Menurut Tamin, KPU Bangkep sejak awal, memang betul-betul sudah bertekad untuk mengawal proses demokrasi di kabupaten Banggai Kepulauan. Dan bahkan, mereka siap mempertaruhkan segala apa dimiliki, hanya demi menghasilkan kualitas proses demokrasi dan hasil pilkada yang baik di kabupaten Bangkep.
“Sehingga, Alhamdulillah, terbukti pada pemilihan 2017 lalu, para wakil rakyat di DPRD Bangkep serta Bupati dan Wakil Bupati Bangkep yang terpilih, betul betul melaksanakan tugasnya dengan baik. Karena kami juga tidak main-main dengan suara yang mereka peroleh. Karena prinsip kami, satu suara di TPS, dan satu suara di KPU,” tuturnya.

Selain melaunching program DP3, KPU Kabupaten Bangkep juga melakukan pengukuhan kepada 50 orang kader desa pemilu dan pemilihan, yang masing-masing terdiri dari 25 orang dari desa Baka, dan 25 lainnya berasal dari desa Kalumbatan. Pengukuhan tersebut dilakukan langsung oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Sahran Raden.

PESERTA: para kader desa pemilu dan pemilihan KPU Kabupaten Bangkep, yang berjumlah 50 orang, terdiri dari 25 orang dari desa Baka, dan 25 lainnya berasal dari desa Kalumbatan. (ist)

Olehnya, Tamin berharap kepada para kader desa pemilu dan pemilihan yang baru saja dikukuhkan, agar bisa mengemban amanah itu dengan sebaik-baiknya.
“Karena dipundak kalian ada amanah negara yang harus dijalankan dengan baik. Dan para teman-teman juga pasti tidak akan bisa melaksanakan tugas dengan baik, tanpa amanah undang undang tersebut,” ucapnya.
“Dan sekali lagi saya ucapkan selamat kepada teman-teman kader desa pemilu yang baru dilantik,” sambungnya.

Terakhir dan yang paling penting, apabila teman-teman kader desa pemilu dan pemilihan menemukan kendala dilapangan, maka Tamin menyarankan, agar tetap berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Bangkep.
“Dan begitu pun, jika kami tidak mampu menyelesaikan persoalan, maka kami akan tetap berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sulteng,” tandasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Plh. Bupati Bangkep Rusli Moidady, Ketua KPU Provinsi Sulteng Dr. Sahran Raden bersama rombongannya, Ketua Forum Pemilu Provinsi Sulteng Ikbal Bungajim, Kapolres Bangkep diwakili Kabag Ops, Pabung 1308/LB- Salakan, Kadis Dukcapil Bangkep Harli Dg. Massenge, Kepala Kesbangpol, dan Perwakilan Dinas PMD Kabupaten Bangkep.

Selain itu, hadir pula Ketua dan Anggota Komisioner KPU Bangkep, Ketua dan Anggota KPU Banggai Laut, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Bangkep, Camat Tinangkung, Camat Totikum Selatan, Kepala Desa Baka dan Kepala Desa Kalumbatan, para Ketua Partai Politik se-kabupaten Bangkep, serta para relawan desa peduli pemilu di desa kalumbatan dan desa baka, yang juga ikut hadir pada kegiatan tersebut. (ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!