19 Januari 2024

Dinas Perikanan Bangkep Lakukan Pemeriksaaan Bantuan Perahu Fiber di 13 Kelompok Nelayan di Bangkep

0

Kadis Perikanan Bangkep Tommy B. Luasusun, bersama tim turun lapangan ke desa Bungin, kecamatan Tinangkung, Jumat (11/11/2022), memeriksa bantuan perahu fiber pada kelompok nelayan penerima di desa tersebut. (ist)
Bangkeppos.com, SALAKAN- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Banggai Kepulauan turun langsung ke lapangan, memeriksa bantuan perahu fiber untuk para kelompok nelayan yang tersebar di 13 desa yang ada di Bangkep, Jumat (11/11/2022) lalu.

Selain Kepala Dinas dan Sekertaris Dinas, pemeriksaan lapangan juga diikuti oleh para kepala bidang dinas perikanan, yang melibatkan Inspektorat dan penyuluh lapangan, termasuk pihak kontraktor pelaksana kegiatan.

Foto: Dinas Perikanan Bangkep memeriksa kondisi fisik bantuan perahu fiber sebelum diserahterimakan. (ist)

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangkep, Tommy B. Luasusun menyatakan, dari 10 unit bantuan perahu yang dikucurkan untuk kelompok nelayan di desa Bungin, terdapat 4 perahu yang retak dan bocor.

Sehingga, selaku penanggungjawab, Kadis meminta pihak rekanan untuk segera memperbaikinya, sebelum dilakukan serah terima kepada para kelompok penerima bantuan.
“Perahu yang retak dan bocor harus cepat diperbaiki, sebelum dilakukan penyerahan,” tegasnya, saat itu dihadapan kontraktor pelaksana.

Kadis melanjutkan, pemberian bantuan perahu kepada 13 kelompok nelayan di Bangkep pada tahun 2022 ini, akan diserahkan langsung oleh Pj.Bupati Bangkep Ihsan Basir.
“Ada 13 kelompok nelayan yang tersebar di kabupaten Banggai kepulauan, masing-masing kelompok menerima 10 unit perahu fiber lengkap dengan mesinnya,” ungkapnya.

Dijelaskannya, pengadaan bantuan perahu yang menelan dana sebesar Rp2 miliar lebih tersebut, merupakan salah satu program Dinas Perikanan untuk pemberdayaan para nelayan kecil di kabupaten Banggai kepulauan.
“Anggarannya bersumber dari DAU tahun anggaran 2022,” ucapnya.

Kadis menambahkan, pemberian bantuan tersebut diperuntukan sebagai sarana penangkapan ikan bagi para kelompok nelayan di Bangkep.
“Tujuannya, untuk meningkatkan hasil tangkapan para nelayan, demi mensejahterakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” tukasnya.

Anggota DPRD Bangkep Moh. Iqbal Laiti, juga ikut melakukan pemeriksaan bantuan perahu fiber tersebut. Hal itu dilakukannya sebagai bentuk dari menjalankan fungsi pengawasan kelembagaan di DPRD. (ist)

Sementara itu, pihak kontraktor Faizal, dikonfirmasi wartawan mengaku, akan tetap bertanggungjawab dan bersedia mengganti adanya kerusakan beberapa unit perahu tersebut.
“Kami tetap bertanggungjawab, sekarang pun saya sudah ikut sertakan tenaga teknisnya dalam pemeriksaan. Itu tujuannya untuk memperbaiki apabila ada kerusakan pada unit perahu yang diterima kelompok,” singkatnya. (ir/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!