10 Juli 2024

Pj Bupati Bangkep Semangati Pj Kades Lawan Politik Uang

0

Pj. Bupati Bangkep Ihsan Basir. (ist)
Bangkeppos.com, SALAKAN – Pelantikan Penjabat (Pj) Kepala Desa alias Kades untuk 81 Desa di Kabupaten Banggai Kepulauan mendapat pesan khusus soal terkait politik uang dari Pj Bupati, Ihsan Basir.

Pasalnya, pelantikan yang dilaksanakan pada Kamis (12/1/2024) di auditorium Bappeda dan Litbang itu, bertepatan pada momentum Pemilihan Presiden dan Anggota Legislatif, 14 Ferbuari mendatang.
“Saya secara khusus meminta Pj Kades untuk mengajak masyarakat melakukan penolakan politik uang secara inovatif,” kata Pj Bupati kepada media ini, Jumat (12/1).

Permintaan itu diungkapkannya berkaitan dengan dua hal penting. Pertama, status Pj Kades sebagai Aparatus Sipil Negara (ASN) yang wajib menjaga netralitas.

Kedua, berkaitan dengan status Kabupaten Banggai Kepulauan yang menempati posisi ketiga sebagai daerah rawan politik uang di level nasional.
“Jadi, saya meminta mereka melakukannya melakukan edukasi agar masyarakat bisa memberdayakan diri untuk menolak politik uang. Sehingga wakil rakyat yang terpilih mewakili aspirasi kita adalah orang-orang yang benar- benar memiliki integritas dan bertanggung jawab,” terangnya.

Permintaan serupa pun, ia sampaikan pada Pemilihan Kepala daerah nantinya. Sebab, baginya, Banggai Kepulauan tidak kekurangan putra daerah hebat yang bisa memimpin daerah ini.

Pj Bupati juga mengingatkan Kepala Desa dan Pj Kepala Desa agar segera fokus pada percepatan APBD dan mempersiapkan Pemilihan Kepala desa berikutnya.
“Bukan malah sibuk mempersiapkan diri jadi Kepala desa,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!