16 April 2024

Wow, Terbongkar Ada Pejabat Simpan Uang Hasil Korup ke Kekasih Gelap

0

Foto : Gedung KPK. (google).
Bangkeppos.com, SALAKAN- KPK mendeteksi adanya penyimpanan uang hasil korupsi pejabat di rekening pacar atau kekasih gelap maupun istri simpanan.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah membongkar informasi Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) yang menyebut adanya pejabat menyamarkan uang hasil korupsi dimaksud.

Menurut Ketua KPK, Firli Bahuri, informasi soal itu terungkap melalui kasus tindak pidana pencucian uang yang sedang ditangani pihaknya.
“Yang disampaikan PPATK itu yang sudah diungkap KPK,” kata Firli Bahuri, Kamis (3/2).

Firli tidak mengungkap kasus pencucian uang yang dimaksud. Namun, KPK kerap menerapkan pasal pencucian uang terhadap tersangka kasus korupsi.

KPK menetapkan mantan Bupati Buru Selatan, Tagop Sudarsono Soulisa sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi serta TPPU terkait proyek pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Buru Selatan, Maluku tahun 2011 sampai dengan 2016.

Firli mengatakan, KPK selalu mendalami aliran dana dalam perkara korupsi yang ditanganinya. Semua harta yang disamarkan pasti dipermasalahkan melalui TPPU oleh KPK.
“Untuk memaksimalkan kerugian negara. Setahu saya, kita selalu menerapkan TPPU kepada para pelaku korupsi. Apalagi terhadap tersangka yang cukup bukti bahwa harta miliknya berasal dari tindak pidana korupsi,” ujar Firli.

KPK bakal terus menggali dugaan TPPU dalam penanganan kasus korupsi yang ditangani. Langkah itu dilakukan agar pelaku korupsi kapok.

Sebelumnya, PPATK menemukan beragam modus yang dilakukan pejabat dalam melakukan TPPU. Salah satunya, dana haram itu dialirkan ke pacar atau teman perempuan.
“Jadi, bukan hanya kepada keluarga, tapi mohon maaf, misalnya kepada pacar, atau kepada orang lain yang palsu, dan segala macam, itu yang kita sebut dengan nominee,” ujar Ketua PPATK Ivan Yustiavandana dalam rapat kerja dengan Komisi III di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 31 Januari 2022.

Sejumlah kalangan aktivis LSM menyambut baik statemen Ketua KPK membongkar uang haram yang dengan liciknya menyimpan uang ke kekasih gelapnya.(KRO/RD/CIN/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!