16 April 2024

Keberadaan Harun Masiku Terdeteksi

0

Harun Masiku. (ist)
Bangkeppos.com, JAKARTA- Pada tahun 2020 lalu publik dihebohkan dengan kasus dugaan suap oleh Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Harun Masiku.

Diketahui Harun Masiku yang merupakan calon legislator Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu diduga menyuap komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan untuk menjadi anggota DPR RI.

Karena perbuatannya itu, Harun Masiku, masih menjadi buronan penegak hukum Indonesia sejak tahun 2020 lalu hingga sekarang.

Tetapi berkat usaha yang maksimal, akhirnya Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK telah mendeteksi keberadaan buronan ini.

KPK menyebut terakhir kali Harun terlacak sedang berada di luar negeri.

Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu menyebut pihaknya masih terus berusaha mencari keberadaan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Ia mengatakan informasi mengenai posisi Harun Masiku berada di luar negeri berdasarkan hasil telusur KPK hingga saat ini.
“Informasi yang telah kami terima Harun Masiku kini berada di luar negeri,” kata Asep pada Kamis 5 Januari 2023 di Gedung Merah Putih KPK seperti dilansir dari Tempo.co.

Koordinasi dengan agensi lain di luar negeri

Oleh sebab itu, Asep mengatakan saat ini KPK masih terus berusaha memulangkan Harun Masiku ke tanah air. Salah satunya, dia mengatakan KPK masih terus menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait yang berada di luar negeri.

Kendati demikian, ia tidak menyebut dimana negara tempat Harun Masiku berada terakhir kali yang berhasil terdeteksi oleh KPK.
“Karena lokasi terakhir masih di luar negeri, kita masih berkoordinasi dengan beberapa agensi di luar negeri,” ujar dia.

Asep juga menambahkan KPK akan terus berkoordinasi dengan pihak Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Koordinasi tersebut dilakukan guna memudahkan upaya KPK untuk menjemput politikus PDIP itu di negara yang dimaksud.
“Tentu, itu kan menjadi tupoksi dari mereka (Dirjen Imigrasi),” ujar dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!